7 Pelaku Perkosaan Bergilir di Empatlawang Telah Ditahan

Foto: Istimewa/Doc.

Tebing Tinggi, Sayangi.com – Empat dari tujuh tersangka perkosaan seorang remaja (16) warga Kecamatan Pendopo, yang terjadi pada Selasa (12/2)  menyerahkan diri ke pihak Polres Empatlawang.

Menurut HN Zandy alias Andi Gembul, aktivis LSM yang mendampingi korban, keempat pelaku bernama Widi, Hendri, Piki, dan Fengki, Redi menyerahkan diri karena sebelumnya orang tua telah ditahan sebagai jaminan. Sedangkan ketiga tersangka masing-masing Insan, Yopi dan Widi telah lebih dulu diamankan.

“Tersangka Redi diamankan Rabu 12/2 sekitar pukul. 16.00, sedangkan tiga pelaku yakni Piki, Hendri dan Fengki menyusul diamankan sekitar pukul 23.00,” ungkap Kapolres Empatlawang, AKBP M Ridwan SIk melalui Kasat Reskrim, AKP Nanang Supriyatna, Jumat (14/2/2O14).

Dikatakannya, ketujuh tersangka menurutnya saat ini sedang dalam penyidikan untuk mengetahui peran masing-masing dalam perkara tersebut.

Penahanan ketiga orang tua Fengki, Hendri dan Piki  oleh Polres Empatlawang sebagai jaminan sebenarnya karena didesak oleh unjuk rasa ratusan massa dari Desa Lubuklayang, Lubuksepang dan Nanjungan.

Mereka mengepung Mapolsek Talangpadang  dan mendesak agar para orangtuanya jangan dilepaskan, sebelum para pelaku ditangkap.

Selain itu, kasus ini juga akan didampingi oleh Womens Crisis Centre (WCC) Palembang, “ya, tadi keluarga korban sudah menghubungi kasus pelecehan ini,” kata Direktur WCC Yenni Izi.

Menurut Yenni, pihaknya akan melakukan investigasi dan memberikan dampingan baik secara hukum maupun non hukum. “Kasus-kasus pelecehan seperti ini akan tetap kita kawal. Jangan sampai nanti para pelaku tidak mendapatkan hukuman yang setimpal dan sesuai dengan hukum yang berlaku, karena ada unsur-unsur diluar hukum,” kata Yenni.

Sedangkan korban, kata Yenni, juga akan didampingi, terutama dari sisi psikologis karena trauma yang dihadapi.