Menlu AS John Kerry Tiba di Jakarta

Foto: The Telegraph

Jakarta, Sayangi.com – Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry tiba di Jakarta, Sabtu (15/2) malam, dan bersiap melanjutkan lawatan diplomatiknya, setelah sebelumnya berkunjung ke Korea Selatan dan China.

Informasi tersebut disampaikan akun Twitter resmi Kedutaan Besar AS di Jakarta @usembassyjkt. Duta Besar AS untuk Indonesia Robert Blake menyambut Kerry pada ketibaan itu.

Kerry dijadwalkan mengikuti rapat komisi bersama (Joint Commission Meeting) Kemitraan Komprehensif AS-Indonesia. Kerry juga akan menyampaikan keinginan AS untuk melanjutkan kerja sama dengan Indonesia dalam berbagai hal termasuk perubahan iklim, keamanan, demokrasi, integrasi regional, serta hak asasi manusia.

Menlu RI Marty Natalegawa sebelumnya menyatakan Kerry juga dijadwalkan akan menandatangani Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) Kerja Sama selatan-selatan dan Triangular

MoU tersebut merupakan bentuk kerja sama yang bertujuan meluaskan kemitraan kepada negara pihak ketiga, untuk meningkatkan kapasitas negara tersebut di bidang pembangunan, demokrasi, HAM dan lainnya.

Kemudian, terdapat juga kesepahaman dua negara yang akan ditandatangani di bidang perlindungan satwa liar dan pemberantasan penyelundupan satwa liar.

Selain itu, antara Marty dan Kerry juga akan terjadi pembicaraan mengenai eskalasi konflik yang terjadi di kawasan Asia-Pasifik, seperti di Laut China Selatan dan Laut China Timur.

Sebelum Februari ini, Kerry terakhir mengunjungi Indonesia saat menggantikan Presiden AS Barrack Obama dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) di Nusa Dua, Bali, Oktober 2013.