MUI Kaji Praktik Pengobatan Guntur Bumi yang Diduga Penipuan

Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Komisi Pengkajian dan Penelitian Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Kholil Nafis menjelaskan pihaknya akan melakukan pengkajian terkait laporan yang diterima MUI tentang penipuan oleh Ustad Guntur Bumi terhadap Hj. Yanelly  (74) dan Ibunya Nurcayati (94).

Menurut KH. Kholil,  pengaduan terhadap praktek pengobatan yang dilakukan oleh Ustad Guntur Bumi telah di terima MUI melalui Amirsyah, Wasekjen MUI.

“Laporannya sudah kami terima melalui Pak Amirsyah (Wasekjend MUI).  Tinggal nanti kita kaji dan teliti lagi,” tutur KH. Kholil kepada sayangi.com ketika dihubungi via telepon, Senin (17/2).

KH. Kholil menambahkan sampai saat ini MUI masih melakukan penelitian terhadap praktek pengobatan yang dilakukan Ust. Guntur Bumi.

“Tinggal nanti kategori penyimpangannya seperti apa. Apakah praktek perdukunan, aliran sesat, atau sampai penodaan agama,” tambahnya.

Apabila  penyimpangannya terkait aliran sesat dan perdukunan, tambah Kyai, mungkin MUI bisa menuntun dan meluruskan yang bersangkutan untuk tidak lagi mempraktekannya.

“Tapi kalo sampai ada penodaan agama atau pelanggaran hukum, itu sudah masuk ke ranah hukum. Nah itu tugasnya aparat yang berwenang untuk menindaknya,”  imbuhnya.

Rencananya  MUI akan memasukan pengaduan terkait tuduhan penipuan yang dilakukan Ust. Guntur Bumi  itu ke materi Rapim Selasa besok. (VAL)