Pembersihan Bandara Soemarmo 75 Persen

Antara

Solo, Sayangi.com – Petugas gabungan terus melakukan pembersihan kawasan Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Jawa Tengah, hingga Senin siang masih sekitar 75 persen, hingga bandara belum beroperasi dampak abu vulkanik Gunung Kelud (1731 mdpl).

Petugas gabungan tersebut terdiri dari anggota TNI Pangkalan Udara (Lanud), Tim SAR, dan sejumlah komunitas beraktivitas di Bandara Adi Soemarmo di Boyolali.

Menurut “Duty Manager” Bandara Adi Soemarmo Boyolali, Kadari ada sekitar 500 hingga 800 petugas gabungan yang diturunkan untuk pembersihan di beberapa titik seperti landasan pacu, “apron”, dan tempat taksi, dan sejumlah gerai di bandara.

Kadari menjelaskan, turunnya hujan di kawasan bandara yang terjadi Minggu (16/2) petang, justru menyebabkan debu agak lengket ke landasan sehingga lebih sulit membersihkannya.

“Penerbangan di Bandara Adi Soemarmo hingga Senin ini, belum bisa beroperasi, karena kegiatan pembersihan masih dilakukan dan baru sekitar 75 persen,” ucapnya.

Menurut dia, pihaknya belum bisa memprediksi kapan Bandara Adi Soemarmo mulai beroperasi. Jika kegiatan pembersihan hingga Selasa (18/2) belum selesai akan dilanjutkan Rabu (19/2).

Namun, petugas gabungan sudah berupaya untuk menyingkirkan debu dari bandara dengan menurunkan anggota TNI Lanud dengan sejumlah alat seperti mobil pemadam kebakaran dan satu unik truk penyapu landasan.

“Akibat debu sedikit lengket di landasan, petugas harus mengeruk terlebih dahulu, dan kemudian baru disemprot dengan air,” tutur Kadari.

Menurut dia, jumlah penerbangan di Bandara Adi Soemarmo sekitar 18 hingga 19 kali per hari. Penerbangan kebanyakan jurusan Solo-Jakarta, sedangkan lainnya Solo-Balikpapan, Solo-Banjarmasin.

“Penerbangan internasional Solo-Singapura dan Solo-Kualalumpur (Malaysia),” ujarnya.

Sementara sejumlah penumpang yang akan menggunakan jasa penerbangan banyak yang mengantre di loket maskapai penerbangan Lion Air untuk menukarkan tiketnya (refund) sesuai dengan harga pembelian.

Menurut Romi Wijaya (42) warga Solo salah satu calon penumpang Lion Air, dirinya rencananya hendak terbang dengan pesawat Lion Air tujuan Jakarta pada Senin ini, pukul 09.00 WIB.

Namun, kata dia, karena penerbangan belum dibuka, maka dirinya akan mengalihkan perjalanan darat ke Jakarta dengan jasa kereta api atau bus.

Sementara Bandara Internasional Adi Soemarmo Boyolali, Jawa Tengah, ditutup sejak Jumat (14/2) hingga sekarang, karena hujan abu vulkanik dampak meletusnya Gunung Kelud di Kediri, Jawa Timur pada Kamis (13/2) sekitar pukul 22.50 WIB. (MD/Ant)