Siapkan Rumah Layak Bagi Rakyat, Kemenpera Anggarkan 7,8 T

Foto: Sayangi.com/Dok

Sungailiat, Sayangi.com – Pemerintah Pusat lewat Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) menganggarkan dana sekitar Rp 7,8 triliun untuk masyarakat yang kurang mampu, kata Bupati Bangka, Tarmizi Saat tatkala penandatanganan kerja sama dengan Kemenpera Djan Faridz, di Jakarta baru-baru ini.

“Dana dari pemerintah pusat bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negera (APBN) 2014, sekitar Rp7,8 triliyun untuk perumahan rakyat guna membantu masyarakat yang kurang mampu,” kata Tarmizi di Sungailiat, Selasa (18/2).

Ia mengatakan, Selain perumahan rakyat, pesantren juga akan dibantu baik lokal maupun asramanya berupa rumah susun. Selain itu juga, Kementrian Perumahan Rakyat mempunyai program 1000 perumahan per kabupaten kabupaten.

“Saya meminta para kepala desa dan lurah untuk menginventarisir dan mendata rumah tidak layak huni dan keluarga yang berpendapatan rendah. Selain itu juga pesantren,” ujarnya.

Tarmizi mengatakan, program untuk perumahan rakyat ini telah berjalan seperti di Sumatera Barat telah dibangun 1000 unit rumah.

“Di Bangka ini belum jalan, ada yang lain, tapi kita tidak mampu, ada sekitar 3000 unit rumah,” jelasnya.

Ia mengatakan, untuk tahun 2014 ini, ada pembangunan perumahan sekitar 500 ribu unit untuk 511 kabupaten.

“Saya harapkan dinas terkait untuk aktif mengenai ini karena masih banyak rumah tidak layak huni di Bangka ini,” tutupnya.

Ia berharap, semua instansi terkait untuk turut serta membantu pendataan ini. Tujuannya agar program ini nantinya bisa berjalan dengan lancar tanpa terkesan tebang pilih.

“Saya berharap agar rumah masyarakat yang tidak layak huni untuk didata keseluruhan agar semua masyarakat yang kurang mampu merasa terbantu dengan adanya program ini,” ujarnya.(AN/GWH)