Liga Champion: Barcelona Bungkam City di Etihad

Foto: BBC

Manchester, Sayangi.com – Manchester City dipaksa harus mengakui ketangguhan Barcelona pada leg pertama 16 besar Liga Champions di Stadion Etihad, Selasa atau Rabu (19/2) dini hari WIB setelah The Citizen menyerah 0-2 lewat dua gol Lionel Messi dan Dani Alves.

Meski tampil di hadapan pendukung tuan rumah, Barcelona mengambil inisiatif menyerang sejak menit-menit awal. Mengandalkan trio Xavi Hernandes, Iniesta dan Fabregas, beberapa kali Barcelona mencoba menusuk jantung pertahanan City.

Namun, barisan pertahanan City tampil cukup disiplin. Beberapa kali skuad asuhan Manuel Pellegrini itu juga mampu menekan Barcelona lewat serangan balik dari sisi sayap yang dimotori oleh David Silva dan Jesus Navas.

Pada menit ke-18, City memperoleh peluang pertama melalui Alvaro Negredo. Akan tetapi, meski mampu melewati hadangan Gerard Pique, bola tendangan Negredo dari sisi kanan kotak penalti Barcelona belum menemui sasaran.

Memasuki pertengahan babak pertama, Barcelona tidak melepaskan satu pun tembakan ke gawang City. Sementara itu, tim tuan rumah justru kembali membahayakan gawang Barcelona melalui eksekusi tendangan bebas David Silva yang berujung pelanggaran Vincent Kompany terhadap Victor Valdes pada menit ke-25.

Barcelona kemudian kembali mencoba membangun serangan. Namun, rapatnya barisan belakang City yang menaruh sekitar tujuh hingga delapan pemain di lini pertahanan membuat Barcelona kesulitan menembus.

Tembakan ke gawang pertama Barcelona dihasilkan melalui Lionel Messi pada menit ke-30. Namun, bola tembakan Messi yang bekerjasama satu dua dengan Xavi masih melebar di sisi kiri gawang City yang dikawal Joe Hart.

Dua menit berselang, Messi kembali mengancam. Kali ini dia melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti. Beruntung, Hart tampil sigap dengan menepis bola tendangan tersebut sehingga hanya menghasilkan tendangan pojok.

Petaka bagi tuan rumah terjadi pada babak kedua, pelanggaran di kotak penalti menit ke-54 membuat Martin Demichelis diusir wasit ke luar lapangan dan berbuah penalti untuk Barcelona. Lionel Messi yang menjadi algojo sukses memanfaatkan peluang ini.

Kehilangan seorang pemain tidak membuat Manchester City tidak bisa mmebuat peluang untuk menciptakan gol balasan. Menit ke-80 Silva memiliki peluang namun Valdes sukses menepisnya.

Pada menit ke-82 Gerard Pique bisa menambah keunggulan Barcelona namun golnya dianulir wasit karena lebih dulu terjebak offside.

Dani Alves membungkam publik tuan rumah berkat golnya di ujung laga berkat kerjasama satu-dua dengan Neymar. Skor 0-2 bertahan hingga wasit meniup peluit panjang akhir pertandingan.

Livescore mencatat Bercelona menguasai 62 persen penguasaan bola dengan menghasilkan tujuh tendangan ke arah gawang Manchester City, sementara City meskipun hanya menguasai 38 persen berhasil membuat enam ancaman ke gawang Valdes.

Kemenangan di Etihad mempermudah Barcelona kala menjamu anak asuh Pellegrini di Camp Nou dua pekan mendatang.

Susunan pemain

Man.City : Hart, Zabaleta, Kompany, Demichelis, Clichy, Navas, Toure, Fernandinho, Kolarov, Silva, Negredo

Barcelona : Valdes, Alves, Pique, Mascherano, Alba, Busquets, Xavi, Iniesta, Fabregas, Messi, Sanche. (BBC)

[iframe frameborder=”0″ width=”480″ height=”270″ src=”http://www.dailymotion.com/embed/video/x1cmorg” allowfullscreen ]
Manchester City vs Barcelona 0-2 (All Goals… oleh allgoalshq1