Gubernur Riau Dilantik di Tengah Kabut Asap

Foto: Antara

Pekanbaru, Sayangi.com – Gedung tempat pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Annas Maamun dan Arsyadjuliandi Rachman di Pekanbaru tertutup kabut asap, dampak dari kebakaran lahan di daerah ini.

“Yang jelas sampai hari ini kabut asap masih akan menutupi ruang udara di Pekanbaru,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi pada Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Slamet Riyadi kepada Antara di Pekanbaru, Rabu (19/2). Namun, pelantikan Gubernur Riau yang baru dipastikan tetap dilaksanakan pada Rabu (19/2) ini di Gedung Olahraga Remaja Pekanbaru.

Acara ini dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi dan beberapa menteri terkait lainnya serta para gubernur di Sumatera. Pada Pemilihan Umum Kepala Dearah Provinsi Riau beberapa waktu lalu, pasangan yang diusung Partai Golkar itu berada di posisi teratas dalam dua kali putaran seperti putaran pertama meraih 28,83 persen suara dan putaran kedua mendapatkan 60,75 pesen dukungan dari total suara sah. Pesaingannya, Herman Abdullah-Agus Widayat yang di putaran kedua mendapatkan suara 39,25 persen sempat menggugat ke Mahkamah Konstitusi.

Namun pada 20 Januari 2014 MK menolak permohonan yang diajukan pasangan tersebut, karena tidak ada bukti adanya pelanggaran terstruktur, sistematis, dan masif. Annas Maamun dan Arsyadjuliandi Rachman pun akhirnya dipastikan menjadi Gubernur Riau yang baru menggantikan Rusli Zainal yang saat ini tersangka masalah hukum. (MSR)