Pejabat FED Desak Kenaikan Suku Bunga Lebih Awal

en.wikipedia.org

Washington, Sayangi.com – Mengacu risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal akhir Januari, Kamis (20/2) WIB, sejumlah pembuat kebijakan Federal Reserve AS mendesak kenaikan suku bunga acuan lebih awal.

Risalah pertemuan Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) 28-29 Januari mengatakan “beberapa” anggota melihatnya tepat untuk menaikkan suku bunga The Fed “relatif segera”, di tengah meningkatnya ekspektasi pasar untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan meningkatnya kurs sekalipun inflasi masih lemah.

Beberapa dari anggota juga mengutip aturan kebijakan moneter standar yang menunjukkan ke peningkatan suku bunga federal funds, saat ini 0-0,25 persen, sebelum pertengahan 2014.

Ini adalah tanda pertama dalam bulan-bulan meningkatnya perpecahan atas kebijakan moneter dalam FOMC, karena kenaikan jumlah anggota yang mendorong kenaikan suku bunga dasar lebih cepat.

Tetapi risalah dan pernyataan kebijakan FOMC menunjukkan bahwa pandangan “dovish” terus memegang kekuasaan pada komite, mempertahankan perkiraan batas waktu mereka untuk kenaikan suku bunga masih satu tahun lagi atau lebih.

Anggota FOMC yang menentang kenaikan lebih awal berpendapat bahwa kebijakan standar tidak berlaku untuk situasi saat ini, karena “berlanjutnya pengaruh krisis keuangan” terus menahan ekonomi dan ekspektasi ekonomi. (MD)