Kisah Inspiratif: Peng Shuilin, Si Manusia Setengah Badan

Foto: shugalmelaa.blogspot.com

Hunan, Sayangi.com- Dalam kehidupan kita kerap kali tidak pernah mensyukuri apa yang telah menjadi milik kita. Rasa tidak puas itu dimiliki oleh orang-orang yang memuja kesempurnaan. Namun apa jadinya bila hidup kita yang serba sempurna ini berubah seketika, akankah kita menyesali dan terpuruk atau berusaha bangkit seperti kisah Peng Shulin ini.

Peng Shuilin adalah seorang pria normal yang dilahirkan di Provinsi Hunan, Cina. Pada tahun 1995 Peng mengalami kecelakaan hebat ketika sebuah truk menggilas tubuhnya. Akibat dari kecelakaan tersebut Peng terpaksa harus kehilangan setengah dari badannya. Tubuh bagian bawah dan kedua kakinya tidak dapat dipertahankan lagi. Kecelakaan mengerikan itu meninggalkan setengah dari tubuh Peng yang hanya 78 cm saja.

Kemudian Peng mendapatkan perawatan yang terbilang lama, yakni dua tahun di sebuah rumah sakit di Shenzhen, Cina. Dirinya menjalani serangkaian operasi untuk kembali merajut setiap organ utama didalam tubuhnya. Tak tanggung-tanggung tim dokter yang menanganinya mencapai 20 orang. Dokter-dokter tersebut saat itu hanya berusaha bagaimana caranya agar Peng dapat tetap bertahan hidup.

Setelah selama 12 tahun Peng hanya dapat berbaring tanpa bisa berjalan, namun pada suatu hari Peng memiliki keinginan kuat untuk dapat kembali berjalan. Keinginan Peng inipun mendapat respon positif, mengingat ketangguhan Peng, dokter di Pusat Riset Rehabilitasi China, Beijing menemukan cara cerdik untuk membantu Peng agar dapat berjalan sendiri. Peng dibuatkanĀ  cetakan tubuh bagian bawah yang serupa dengan cangkang telur, kemudian untuk menahan tubuhnya dipasangkan dua kaki bionik.

Ketika alat ini dicoba dipasangkan kepada Peng, ternyata berkat semangat tinggi yang ada di diri Peng dan juga dengan giat berlatih berjalan Pada akhirnya pada tahun 2008 Peng Shulin dapat berjalan kembali. Peng menjadi inspirator bagi para korban amputasi lainnya dan kerap kali memberikan ceramah pada pemulihan kecacatan.

Berikut adalah Foto-foto Peng Shuilin yang menggambarkan keteguhan semangatnya dalam menjalani hidup.

(Telegraph.co.uk/berbagaisumber)