Durian, si Raja Buah yang Sarat Manfaat

Foto: mantodolphi.blogspot.com

Jakarta, Sayangi.com – Durian yang dikatakan sebagai The King of Fruit ini ternyata selain rasanya yang lezat juga memiliki banyak manfaat. Durian merupakan tanaman asli Asia yang berasal dari hutan Sumatera, Kalimantan dan Malaysia. Meskipun tidak semua orang menyukai buah ini karena aromanya yang telampau menyengat, namun beruntung bagi sebagian orang yang menyukainya, karena kandungan gizi yang dimiliki oleh durian ini sangatlah banyak.

Durian yang memiliki nama latin Durio zibenthinus Murr ini memliki kandungan gizi yang lengkap dibandingkan dengan buah yang lainnya. Diantaranya adalah vitamin B, C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, seng, thiamin, riblofavin, serta omega 3 dan 6. Selain itu durian juga banyak mengandung phytonurient, polyphenol, phytosterol, antioksidan, organosulfur, dan tryptophan. Tidak hanya itu saja, zat gizi utama seperti karbohidrat, lemak tak jenuh, dan juga protein terdapat dalam buah ini.

Menurut peneliti dari Ohio State University, phytonutrient yang terkandung dalam durian dikatakan dapat mematikan zat penyebab kanker, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah kanker, diabetes dan juga penyakit jantung. Selain itu durian juga diperkaya dengan polifenol dan antioksidan seperti vitamin C. Kandungan vitamin C pada buah durian ini dapat mencapai 200 mg/100 gr daging buah dan ini merupakan nilai tertinggi kandungan vitamin C pada buah. Dengan memiliki banyak kandungan nutrisi yang begitu lengkap, maka buah durian juga memiliki berbagai manfaat sebagai berikut:

Sebagai obat tidur alami
Bagi anda yang mengalami susah tidur dan sangat jarang mendapatkan tidur yang berkualitas, mungkin ada baiknya anda mengonsumsi durian. Kandungan amino triptofan dalam buah ini dapat meringankan kecemasan, insomnia dan juga menciptakan perasaan euforia dengan cara meningkatkan kadar seretonin pada otak. Sementara seretonin sendiri merupakan zat penting untuk mengatur siklus tidur.

Dapat meningkatkan kemampuan otak
Dalam sebuah studi yang dilakukan di Twickenham, London, Inggris menyebutkan 200 pelajar diminta untuk mengonsumsi buah durian dalam jumlah yang cukup ketika sarapan, istirahat dan makan siang. Hasilnya lebih dari 80 persen siswa mengalami peningkatan kemampuan otak dalam menyerap pelajatan. Tidak hanya itu saja, namun mereka juga lebih berkonsentrasi terhdap pelajaran yang diberikan.

Mencegah penuaan dini
Kandungan vitamin C yang dimiliki oleh durian ini merupakan bahan baku dari pembuatan kolagen. Sementara itu kolagen merupakan faktor penting dalam menjaga keremajaan kulit.

Mencegah depresi
Durian mengandung vitamin B6 yang ternyata dapat membantu memproduksi hormon seretonin. Hormon ini diketahui sangat penting untuk membuat suasana hati anda menjadi lebih baik dan juga menghindari depresi.

Dari segudang kandungan dan juga manfaat durian, memang durian ini tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan. Jika anda mengkonsumsinya secara berlebihan maka akan berakibat pada kematian.