Proses Rekruitmen Sopir Kopaja-Metromini Bakal Diatur DKI

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, M Akbar mengatakan pihak Pemprov DKI Jakarta akan melakukan inovasi pada perangkat transportasi di Jakarta. Saat ini, Ia berencana akan mengganti armada transportasi yang telah dianggap tidak layak.

“Memang kan bus-bus kopaja dan metromini sudah tua-tua, jadi nanti mau diganti dengan bus-bus sedang milik transjakarta. Secara perilaku mengemudi juga harus berbeda,” katanya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (25/2).

Selain itu, Akbar juga menyatakan akan melakukan perekrutan sopir bagi angkutan Kopaja dan Metromini. Pun demikian, demi menunjang profesionalitas mengemudi, para sopir yang direkrut akan sekaligus dibekali dengan pelatihan.

Karena itu, lanjut Akbar, Dinas Perhubungan DKI Jakarta akan melaksanakan kerja sama dengan pihak Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) agar dapat memberikan pendidikan dan latihan bagi para sopir yang direkrut.

“Sekarangpun di TransJakarta lagi membuka lowongan, lagi membutuhkan sekitar 1500-an. Tapi pengetahuan sopir belum sesuai dengan yang diharapkan, nanti pihak transJakarta akan memberikan pelatihan,” paparnya.(GWH)