Polisi Beijing Sita 328 Bayi dari Penyelundup

BBC

Beijing, Sayangi.com – Polisi di Cina mengatakan mereka menyelamatkan 382 bayi dan menangkap 1.094 orang dalam operasi nasional membongkar jaringan penyelundupan manusia.

Seorang pejabat di Kementerian Keamanan Masyarakat, pada hari Jumat (28/02), mengatakan para penyelundup menjual bayi melalui internet dan menyebut diri mereka lembaga adopsi anak tidak resmi.

Media pemerintah mengatakan modus operandi baru dari tersangka penyelundup membuat aparat penegak hukum sulit melacak kasus penyelundup anak.

Operasi terbaru digelar setelah polisi Beijing dan aparat keamanan di Provinsi Jiangsu di Cina timur, menemukan empat situs di internet yang menjual bayi tahun lalu.

Operasi membongkar jaringan penyelundupan anak makin sering dilakukan akhir-akhir ini seiring dengan tingginya kasus penculikan dan penyelundupan anak.

Maraknya penyelundupan anak antara lain dipicu oleh tingginya minat memiliki anak laki-laki dan kebijakan jumlah anak yang sangat ketat.

Pemerintah sudah berjanji meningkatkan hukuman kepada penyelundup, baik yang menculik maupun yang membeli bayi dari para orang tua.

Pelaku penyelundupan anak bisa dijatuhi hukuman mati di Cina. (MD/BBC)