Asisten Bantah Gubernur Riau Mengungsi Akibat Asap

Pekanbaru, Sayangi.com – Asisten I Setdaprov Riau Abdul Latif membantah isu bahwa Gubernur Riau Annas Maamun meninggalkan Kota Pekanbaru dan tidak masuk kantor karena mengungsi akibat polusi asap yang melanda wilayah setempat makin parah.

“Tidak, buat apa dia (gubernur) mengungsi,” kata Abdul Latif di Posko Satgas Tanggap Darurat Asap, Pekanbaru, Kamis (13/3) malam.

Gubernur Riau Annas Maamun sejak Selasa (11/3) tidak terlihat masuk kantor, dan keberadaannya tidak diketahui bahkan oleh pegawai di Biro Humas Riau yang biasa menginformasikan kegiatan kepada wartawan.

Terakhir kali Annas menginjakan kaki ke Posko Satgas Tanggap Darurat pada hari Minggu (9/3), dan mengutarakan kepada wartawan bahwa dalam kondisi sekarang dirinya hanya bisa pasrah menghadapi kebakaran yang sulit ditanggulangi.

Selama kondisi polusi asap di Pekanbaru makin parah selama tiga hari terakhir, Annas bahkan juga tidak terlihat. Informasi yang beredar Annas Maamun pulang ke kampung halamannya di Kabupaten Rokan Hilir, tempat ia sebelumnya menjadi Bupati. Kabarnya, Annas harus diungsikan karena umurnya yang sudah cukup tua, yakni 73 tahun.

Namun, Abdul Latif mengatakan Annas tidak mengungsi, melainkan sedang meninjau langsung bencana kebakaran di Kabupaten Bengkalis. “Dia (gubernur) masih di sini, sedang meninjau kondisi asap di Bengkalis,” katanya. (S2/An)