Aplikasi Game Bertema Politik Marak di Smartphone

Foto: play.google.com

Jakarta, Sayangi.com – Fenomena permainan yang menyedot minat pengguna telepon pintar seperti games Angry Bird, Flappy Bird, dan Banana Kong menjadikan media itu menarik untuk sosialisasi dan juga mengenalkan politik pada masyarakat. Sejumlah permainan terkait pemilu dan politik telah dapat diunduh oleh masyarakat melalui program Play Store.

Permainan dengan tajuk Game Pemilu 2014 produksi Gits Alliance mengajak masyarakat untuk mengenal mengenai partai peserta pemilu 2014 dan juga tokoh-tokoh yang secara resmi telah menyatakan diri untuk maju menjadi calon presiden pada pilpres mendatang.

Dalam Game Pemilu 2014 terdapat tiga jenis permainan yang bisa dipilih oleh pengguna telepon pintar. Permainan pertama, menyusun lambang-lambang partai politik dan lambang Komisi Pemilihan Umum menjadi susunan vertikal dan horizontal mirip Candy Crush Saga, bertajuk Kenali Wakil Rakyat.

Permainan lainnya yang bisa dipilih adalah cari dan sumbang dana, tampilannya berupa sebuah karakter berlari secara vertikal dengan latar belakang gedung MPR/DPR.

Dan permainan yang terakhir adalah Ikuti Kampanye. Dalam permainan ini pemain mengendalikan helikopter, mengumpul sejumlah koin dan mendapatkan angka yang kemudian bisa “disumbangkan” ke partai.

Gits Alliance sendiri dalam penjelasan mengenai permainan itu mengatakan permainan ini tidak mengait pada salah satu partai politik maupun calon presiden namun lebih pada sosialisasi kepada masyarakat agar ikut serta dalam pemilihan umum dan pilpres. Gits Alliance merupakan gabungan lima studio pembuat games dari Yogyakarta.

Games Jokowi

Permainan lainnya di telepon pintar yang mengait dengan sosok tokoh politik adalah Jokowi Jump. Bisa diunduh di Play Store, permainan ini menunjuk pada karakter Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo yang saat ini tengah digadang-gadang menjadi calon presiden.

Dalam games ini, karakter Jokowi harus berlari dan bila ada sejumlah rintangan seperti lubang dan benda yang menghalangi, maka karakternya harus menghindari dengan cara meloncat. Games ini dibuat oleh Arrayan Labs.

Menjelang pemilu dan pilpres, permainan terkait isu politik semakin banyak ditemui dan bisa dimainkan melalui telepon pintar. (S2/An)