Polisi Bekuk 71 Tersangka Pembakar Lahan di Riau

Antara

Pekanbaru, Sayangi.com – Satuan tugas penegakan hukum dan polda Riau menangkap 71 tersangka terkait pembakaran lahan di Riau, 27 orang di antaranya ditangkap di Bengkalis.

“Mereka di Bengkalis strukturnya adalah masyarakat, aparat desa, pemiliki modal, ketua adat suku Sakai kemudian kelompok tani, dan korporasi,” kata Kepala Polres Bengkalis Ajun Komisaris Besar Andry Wibowo kepada Rizki Washarti dari BBC Indonesia.

Para tersangka, lanjutnya, memiliki peran sesuai dengan keahlian mereka, seperti petani yang membuka lahan atau korporasi yang memberikan modal untuk membayar orang guna membakar lahan.

Khusus pemilik modal mencakup individu yang memiliki uang, perusahaan, kelompok tani dan juga korporasi.

“Motif utama adalah ekonomi, baik untuk keluarga maupun perusahaan,” ungkap Andry yang terlibat dalam satuan tugas.

Andry juga menyatakan mereka sudah menangkap penanggung jawab satu korporasi dan satu korporasi lainnya masih berada dalam DPO.

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo menyatakan kondisi di Provinsi Riau hingga Kamis siang (20/03) cerah dan masyarakat dapat beraktivitas dengan lancar.

“Jadi kalau kita bandingkan sebelum dan selama bapak presiden ada di Riau, maka kemajuan yang dilakukan oleh Satgas Operasi Terpadu ini sangat banyak dan signifikan,” ujar Sutopo. (MD/BBC)