Kekalahan Arsenal Buat Liverpool dan City Semakin Menjauh

Foto: BBC

London, Sayangi.com – Arsenal beresiko semakin tertinggal pada persaingan perebutan gelar juara Liga Utama Inggris setelah takluk 0-6 di markas Chelsea, pada pertandingan ke-1.000 Arsene Wenger sebagai pelatih The Gunners pada Sabtu.

Wenger menyebut hasil itu sebagai “salah satu dari hari-hari terburuk” pada karirnya dan penderitaannya diperburuk dengan kemenangan besar yang diraih para rivalnya yakni Liverpool dan Manchester City, yang membuat timnya terpuruk ke peringkat keempat.

Luis Suarez mencetak trigol ketika Liverpool menang 6-3 di markas Cardiff City untuk membuat timnya hanya tertinggal empat angka dari Chelsea, sedangkan City tertinggal dua angka dari Si Merah – namun masih memiliki tiga pertandingan yang belum dimainkan – setelah Yaya Toure juga menorehkan trigol saat timnya menang 5-0 atas Fulham.

Arsenal tertinggal tujuh angka, meski masih mengantungi satu pertandingan yang belum dimainkan, setelah pasukan Wenger takluk oleh gol-gol di babak pertama yang dibukukan Samuel Eto’o, Andre Schurrle, Eden Hazard, dan Oscar di Stamford Bridge.

Gol Hazard tercipta dari titik penalti setelah tangan gelandang Arsenal Alex Oxlade-Chamberlain mengenai bola di garis, namun wasit Andre Marriner melakukan kesalahan saat mengidentifikasi pelaku pelanggaran ketika ia justru mengusir Kieran Gibbs.

Oscar melengkapi dua golnya pada menit ke-66 sebelum pemain pengganti Mohamed Salah mencetak gol untuk mengunci kemenangan terbesar klubnya atas Arsenal dan memberi pelatih Jose Mourinho merasakan kesuksesan paling empatiknya di Chelsea.

“Kekalahan ini merupakan kesalahan saya. Saya bertanggung jawab penuh atas itu,” kata Wenger, yang kemudian memilih untuk tidak menghadiri konferensi pers pasca pertandingan.

“Saya tidak berpikir bahwa ada banyak hal yang perlu dibicarakan mengenai kesalahan-kesalahan yang kami buat. Kami perlu bersembunyi dengan baik pada hari ini.” Mourinho, yang timnya takluk 0-1 di markas Aston Villa pada akhir pekan silam, berkata, “Setelah skor 2-0 pada menit ketujuh, pertandingan telah usai. Kami terlalu kuat.” “Kami memiliki momentum, namun itu terhenti pada Sabtu silam saat melawan Aston Villa karena beberapa alasan. Sekarang kami berusaha untuk membangun lebih banyak momentum.” Chelsea tetap berada di posisi puncak, namun Liverpool menempel ketat mereka, dan masih memiliki satu pertandingan yang belum dimainkan, setelah dua kali bangkit dari ketinggalan untuk mengalahkan tim peringkat kedua dari bawah Cardiff City di Wales selatan.

Pasukan Ole Gunnar Solksjaer mengancam Liverpool dengan unggul terlebih dahulu melalui Jordon Mutch pada menit kesembilan, dan kemudian kembali memelihara keunggulan melalui Frazier Campbell setelah Suarez menyamakan kedudukan.

Bagaimanapun, bek tengah Martin Skrtel menyamakan kedudukan pada menit ke-41, dan dua gol Suarez pada babak kedua, ditambah gol dari Skrtel dan Daniel Sturidge, mengamankan kemenangan beruntun keenam bagi Liverpool, di mana Mutch membalas satu gol untuk Cardiff.

Suarez mendekati rekor Suarez sekarang telah membukukan 28 gol liga dalam semusim, hanya terpaut tiga gol dari rekor 38 torehan gol.

“Ia merupakan pemain istimewa,” kata pelatih Liverpool Brendan Rodgers.

“Determinasinya, hasratnya, tekadnya ada di level yang besar. Ia merupakan pemain kelas dunia yang menikmati sepak bolanya, dan itu akan terus berlanjut.” City melompati Arsenal untuk menduduki peringkat ketiga setelah tiga gol Toure membantu mereka menaklukkan klub juru kunci Fulham, yang harus kehilangan pemain bertahan Fernando Amorebieta pada awal babak kedua karena mendapat kartu merah.

Dua gol prtama Toure didapat dari titik penalti dan ia melengkapi trigol perdananya di City melalui sepakan melengkung dari jarak 24 meter sebelum Fernandinho dan Martin Demichelis menambahi dua gol lagi.

“Ini sangat penting karena mungkin pada bulan lalu kami tidak mencetak banyak gol,” kata pelatih City Manuel Pellegrini.

“Namun kami selalu menciptakan peluang-peluang oleh karena itu saya sangat santai dan tidak begitu mengkhawatirkannya. Saya berharap kami dapat melanjutkannya.” Sunderland tetap berada di zona degradasi, meski masih memiliki dua pertandingan yang belum dimainkan atas tim di atas mereka, setelah gol Robert Snodgrass dan Alexander Tettey membuat mereka takluk di markas Norwich City.

Norwich merupakan satu-satunya tim di tujuh terbawah yang tidak kalah, yang membuat mereka dapat unggul tujuh angka atas zona degradasi.

Tandukan Papiss Cisse pada menit ke-94 membuat tim peringkat keempat dari bawah Crystal Palace kalah 0-1 di kandang Newcastle United, sedangkan West Bromwich Albion tetap menduduki peringkat ke-16 setelah kalah 0-2 dari Hull City.

Liam Rosenior membawa Hull unggul pada menit ke-31, di mana mantan penyerang West Brom Shane Long menambahi gol kedua tujuh menit kemudian.

Sementara itu, Swansea City, kalah 2-3 dari tuan rumah Everton, yang melompati Tottenham Hotspur untuk menguasai peringkat kelima.

Leighton Baines, Romelu Lukaku, dan Ross Barkley mencetak gol untuk Everton, sedangkan Wilfried Bony dan Ashley Williams mencetak gol bagi tim tamu. (AFP)