Usai Jalani Tur Nusantara, Timnas U-19 Go Internasional

Foto: Ant

Jakarta, Sayangi.com – Timnas Indonesia U-19 yang baru saja menyelesaikan pertandingan Tur Nusantara langsung menatap ujicoba internasional menuju kawasan Timur Tengah sesuai dengan program Badan Tim Nasional (BTN).

Evan Dimas dan kawan-kawan rencananya akan menjalani pertandingan ujicoba internasional dan kemungkinan salah satu lawannya adalah Oman, 10 April. Sebelum bertanding, juara Piala AFF 2013 U-19 ini akan menjalani ibadah umroh. Rencananya tim bertolak ke Timur Tengah, 1 April.

“Selama Tur Nusantara perkembangan tim cukup positif. Namun kami tetap akan melakukan evaluasi sebelum ke Timur Tengah. Secara umum tim sudah siap untuk bertanding disana,” kata pelatih Timnas U-19, Indra Sjafri di Jakarta, Minggu.

Pria kelahiran Pesisir Selatan, Sumatra Barat itu menegaskan, evaluasi yang dilakukan meliputi semua aspek. Untuk itu pihaknya akan meminta laporan dari semua jajaran pelatih serta tim pendukung yang selama ini ikut mengontrol perkembangan tim yang dipersiapkan untuk Piala AFC 2014 di Myanmar itu.

Dari hasil evaluasi itu, kata dia, selanjutnya akan diaplikasikan pada pemusatan latihan sebelum bertolak ke Timur Tengah. Kelemahan selama Tur Nusantara akan diperbaiki selama menjalani pemusatan latihan yang rencananya kembali dilakukan di Yogyakarta mulai 25 Maret.

“Dari 13 pertandingan yang telah dijalani sudah tentu ada peningkatan. Namun kami belum bisa menjelaskan secara detail saat ini. Setelah semua data terkumpul maka akan diumumkan,” kata Indra Sjafri menambahkan.

Selama menjalani Tur Nusantara, Muhammad Hargianto dan kawan-kawan memang tidak pernah mengalami kekalahanan. Hanya saja, ada beberapa pertandingan yang dinilai kurang maksimal yaitu saat mengalahkan tim Pra PON Yogyakarta. Meski menang 3-2, pola permainan timnas kurang sesuai dengan harapan.

Tur Nusantara selain untuk menguji kemampuan Tim Garuda Jaya, juga sebagai ajang pencarian bakat pemain potensial. Terbukti ada beberapa pemain yang langsung diberikan kesempatan untuk menunjukkan kemampuannya bersama timnas. Selain itu timnas juga mampu menyedot perhatian masyarakat dengan mendukung langsung saat pertandingan digelar.

Meski sudah ada kepastian keberangkatan ke Timur Tengah, pelatih Indra Sjafri belum mengumumkan siapa saja pemain yang akan dibawa. Pria kelahiran 2 Februari 1963 menegaskan jika pemain yang dibawa akan diumumkan setelah evaluasi yang dilakukan tuntas.

“Saya belum bertemu BTN untuk evaluasi. Masalah berapa pemain yang akan dibawa baru akan diketahui paling lambat 29 Maret. Biar BTN yang mengumumkan,” katanya menjelaskan.

Timnas Indonesia U-19 yang dipersiapkan untuk Piala AFC 2014 di Myanmar selain menjalani Tur Timur Tengah juga dijadwalkan menjalani turnamen mini di Jakarta dan Vietnam. Bahkan, BTN juga mewacanakan tim yang diharapkan bisa lolos ke Piala Dunia 2015 U-20 juga melakukan ujicoba ke Eropa. (ant)