Fantastik! Air Terjun Ini Tersembunyi 1.120 Meter di Bawah Tanah

Foto: Rubyfalls.com

Tennessee, Sayangi.com – Umumnya air terjun nampak menjulang megah di ketinggian di alam terbuka. Namun, tidak demikian dengan air terjun yang satu ini. Keberadaan air terjun yang satu ini justru tersembunyi di kedalaman 1.120 meter di bawah tanah. Wow!

Dilansir dari Amusing Planet, adalah Ruby Falls, air terjun yang didaulat sebagai air terjun tertinggi sekaligus terdalam di Amerika Serikat. Letaknya di 1.120 meter dibawah tanah dekat Chattanooga, Tennessee, Amerika.

Tepatnya di ujung bagian utama Ruby Falls Cave, sebuah gua yang tercipta lantaran fenomena terkikisnya batuan kapur oleh air asin pada jutaan tahun silam.
   
Air terjun yang diyakini telah berusia 30 juta tahun ini memiliki tinggi hingga 44 meter. Cantiknya, air yang jatuh dari puncak Ruby Falls akan berkumpul di dalam kolam yang terbentuk di lantai gua. Kemudian air tersebut akan mengalir melalui gunung sampai akhirnya bermuara di Sungai Tennessee di dasar Lookout Mountain.

Seperti halnya Lookout Mountain Cave, Ruby Falls Cave juga tidak memiliki lubang alami. Hingga abad ke-20 Ruby Falls Cave ini bahkan belum dapat dimasuki siapapun. Penemuan gua ini diketahui baru pada tahun 1928 saat seorang penggemar gua, Leo Lambert dan timnya juga tahu tentang Lookout Mountain Cave menemukan lorong sedalam 79 meter di bawah tanah setelah melakukan pengeboran di sekitar Lookout Mountain Cave.

Saat mereka memutuskan untuk mengeksplorasi lebih dalam, Leo dan tim kecilnya kemudian menemukan berbagai formasi batuan gua yang indah dan menakjubkan. Hingga sampailah di kedalaman 1.120 meter, ketika mereka berhasil menemukan air terjun yang kemudian ia namankan sebagai Ruby Falls.(GWH)