Ini Detektor Canggih yang Dikirim AS Buat Cari Kotak Hitam MH370

Foto: Twitter/US Navy

Amerika Serikat, Sayangi.com – Setelah pernyataan PM Najib Razak terkait pesawat MH370 yang jatuh di selatan Samudera Hindia, Angkatan Laut Amerika bergegas mengirimkan alat pendeteksi kotak hitam ke satu daerah di bagian selatan Samudera Hindia.

Kotak hitam sendiri merupakan istilah yang biasa digunakan untuk alat perekam penerbangan pesawat, yang memuat informasi yang terinci mengenai apa yang terjadi dalam sebuah pesawat terbang. Kotak hitam sendiri biasanya memiliki masa aktif underwater locator beacon — alat di kotak hitam — yang bertugas memancarkan sinyal yang bisa ditangkap radar untuk menunjukkan lokasi pesawat, berakhir dalam 30 harisetelah hilangnya pesawat.

Adalah Bluefin, kapal tanpa awak milik Angkatan Laut Amerika yang diklaim mampu mengeksplorasi perairan sedalam 4.572 meter. Kapal tanpa awak dengan panjangnya 5 meter dan beratnya 800 kg ini dapat dioperasikan lebih dari sehari dalam kecepatan rendah.
Pengiriman Bluefin hanya berselang beberapa jam setelah pernyataan PM Najib Razak terkait nasib MH370 pada Senin, pukul 22.00 malam waktu setempat. Demikian seperti yang dilaporkan oleh Reuters, Selasa (25/3).

Penelusuran Sayangi.com ke akun twitternya, US Navy juga mengunggah foto yang merupakan perlengkapan alat SAR, termasuk salah satunya alat pencari black box atau kotak hitam. Dalam foto tersebut, terlihat piranti yang ditutupi dengan pelindung didalam pesawat yang selanjutnya akan diterbangkan ke Australia dan diterjunkan dalam operasi di kedalaman Samudera Hindia.

Sebelumnya, pada Senin (24/3), Komando Pasifik Amerika juga telah mengeluarkan pernyataan terkait pengiriman alat khusus pelacak dan pencari kotak hitam ‘Towed Pinger Locator’ 25 (TPL-25) yang mampu beroperasi hingga kedalaman 6.000 meter di dalam laut.
Kedalaman Samudera Hindia yang diyakini menjadi lokasi keberadaan bangkai MAS MH370 mencapai sekitar 3.600-4.000 meter.

Towed Pinger Locator sendiri memiliki kemampuan mendengar yang sangat peka, jadi jika lokasi reruntuhan pesawat ditentukan, alat tersebut dapat mendengar pinger atau sinyal dari kotak hitam hingga kedalaman 6.100 meter.