Menteri Pertanian Suswono Diperiksa KPK di Tegal Terkait SKRT

Foto: Sayangi.com/Dok

Jakarta, Sayangi.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali melakukan pemeriksaan kepada Menteri Pertanian (Mentan), Suswono. Namun kali ini, penyidik KPK melakukan pemeriksaan terkait kasus dugaan suap pengajuan anggaran sistem komunikasi radio terpadu (SKRT) di Kementerian Kehutanan (Kemhut) 2007-2008.

Menurut Juru Bicara KPK, Johan Budi, Pemeriksaan sendiri berlangsung di Mapolres Tegal, Rabu (26/3).

“Ya, benar ada pemeriksaan terhadap Suswono terkait kasus SKRT dengan tersangka AW (Anggoro Widjojo),” ujar juru bicara KPK, Johan Budi, saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu (26/3) malam.

Pemeriksaan Suswono sendiri berkaitan ketika dirinya menjabat sebagai wakil ketua komisi IV periode 2004-2009 yang membidangi kehutanan. Selain itu, Suswono juga diduga telah menerima uang dari tersangka kasus tersebut Anggoro Widjojo dan juga sebagai pemilik PT Masaro Radiokom, perusahaan pemenang tender dalam proyek SKRT.

Anggoro kemudian buron dan masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) pada 17 Juli 2009. Namun, KPK berhasil kembali menangkapnya, Kamis (30/1), dan langsung menjebloskannya ke Rumah Tahanan (Rutan) Pomdam Jaya Guntur, Setiabudi, Jaksel.

Anggoro diduga memberikan sesuatu atau janji kepada pegawai negeri atau penyelenggara negara dengan maksud supaya pegawai negeri atau penyelenggara negara tersebut berbuat atau tidak berbuat sesuatu dalam jabatannya yang bertentangan dengan kewajibannya terkait dengan proses pengajuan anggaran SKRT di Kemhut tahun 2007–2008.(GWH)