Industri Asuransi Tumbuh 25 Persen per Tahun

antara

Jakarta, Sayangi.com – Pertumbuhan industri asuransi sebagai salah satu produk jasa keuangan tergolong cukup baik karena mampu mencapai 25 persen tiap tahunnya.

“Pertumbuhan premi industri asuransi di Indonesia kini mencapai 25 persen per tahun,” kata Direktur Perbankan Institusional PT Bank Mandiri Tbk Abdul Rachman pada seminar mengenai asuransi di Jakarta, Kamis.

Kendati demikian, Abdul menjelaskan bahwa tingkat penetrasi dari industri asuransi di Indonesia masih tergolong rendah dibandingkan dengan negara lainnya di Asia.

“Tingkat penetrasi di Singapura mencapai empat persen, di Malaysia mencapai tiga persen. Sementara di Indonesia tingkat penetrasinya masih di bawah dua persen,” kata Abdul.

Lebih lanjut Abdul menyatakan bahwa pertumbuhan premi asuransi akan terus meningkat seiring dengan meningkatknya jumlah penduduk di Indonesia, peningkatan daya beli seiring bertambahnya jumlah kelas menengah, serta meningkatnya literasi masyarakat Indonesia akan produk asuransi akan menjadi faktor-faktor pendukung pertumbuhan industri asuransi.

“Maka perlu adanya sinergi antara perbankan dengan industri asuransi, karena ini akan mempermudah masyarakat yang ingin memiliki produk dan mengakses layanan asuransi,” kata Abdul.

Sinergi antara perbankan dan asuransi dikatakan Abdul akan memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak terkait dengan proses ekspansi pemasaran, efisiensi, serta peningkatan kualitas produk. (MD/Ant)