Danau Khiluk, Danau Unik yang Bermotif Polkadot

Foto: amriholiday.blogspot.com

Kanada, Sayangi.com – Jika Anda kebetulan sedang berplesir ke Kanada, jangan lewatkan untuk mengunjungi danau unik yang satu ini.
Spotted Lake atau danau Polkadot ini merupakan satu-satunya danau di dunia yang memiliki motif bintik-bintik layaknya polkadot.

Nama asli danau ini adalah Danau Khiluk, namun karena bentuknya terdiri dari ratusan lubang-lubang kecil layaknya bintik-bintik, maka penduduk sekitar menamainya dengan Spotted Lake.

Danau yang terletak di bagian barat laut Osoyoos British Columbia, Kanada ini memiliki kandungan alkali didalamnya. Danau ini memiliki kandungan alkali karena terdapat begitu banyak kandungan mineral didalamnya.

Seperti dilansir amusingplanet, terdapat beberapa jenis mineral yang dominan di danau ini, yakni magnesium sulfat, sodium sulfat dan juga kalsium.

Meskipun terlihat begitu unik dengan ratusan pola bintik-bintik yang seolah terlihat mengapung dari kejauhan. Namun jika dilihat dari dekat, bintik-bintik tersebut terbentuk karena adanya garam yang mengapung di permukaan danau. Garam-garam menumpuk dan membentuk sebuah lingkaran dengan air danau yang mengisi bagian tengah dari lingkaran tersebut.

Satu hal yang membuat danau ini semakin terlihat begitu unik adalah setiap cekungan yang berisi air itu memiliki warna yang berbeda sesuai dengan mineral dominan yang ada di dalamnya. Warna air di dalam cekungan tersebutpun bisa berbeda setiap tahunnya, tergantung pada apa mineral yang mengisinya.

Melihat keunikkannya, danau inipun mulai dipadati para wisatawan yang penasaran untuk melihat langsung dari jarak dekat. Tidak hanya itu saja, para wisatawan ini juga kerap kali mengambil air danau yang dipercaya dapat menyembuhkan penyakit kulit.

Konon beberapa kandungan mineral yang terdapat pada danau Khiluk inilah yang dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, khususnya penyakit kulit.(GWH)