Ini Trik Jitu Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Foto: Istimewa

Jakarta, Sayangi.com – Pare dikenal sebagai salah satu sayuran yang sangat nikmat untuk dikonsumsi namun memiliki rasa pahit. Bagi sebagian orang yang menggemari pare mungkin sudah piawai untuk mengolah tanaman bergerigi ini menjadi masakan yang lezat.

Namun tidak sedikit yang belum mengetahui cara mengurangi atau menghilangkan rasa pahit pada pare. Meskipun sebenarnya dibalik rasa pahit ini tersimpan banyak khasiat terhadap kesehatan.

Pare diketahui merupakan salah satu sayuran yang dapat menyambuhkan berbagai macam penyakit mulai dari penyakit kuning, malaria, membersihkan darah, melancarkan pencernaan sampai membunuh sel kanker.
Berikut tips bagaimana cara menghilangkan rasa pahit pada pare seperti dilansir dapurmasak.com:

• Gunakan garam
Tips pertama untuk menghilangkan pahit pada pare adalah dengan cara menggunakan garam. Belah pare menjadi dua bagian, lalu hilangkan selaput putih yang ada di dalamnya. Kemudian iris tipis pare tersebut dan tambahkan garam halus. Setelah itu remas-remas sampai pare lemas.

Diamkan lebih kurang 15 menit lalu cuci bersih dengan air mengalir. Pare siap untuk diolah sesuai selera.

• Rebus dengan air garam
Selain menghilangkan rasa pahit dengan menggunakan garam, dapat juga menghilangkan rasa pahit pada pare dengan merebusnya menggunakan air garam selama beberapa menit sampai pare menjadi empuk sebelum diolah menjadi masakan.

• Gunakan gula
Tidak hanya dengan menggunakan garam saja, ternyata menghilangkan rasa pahit pada pare juga dapat dengan menggunakan gula. Cara pengolahannya sama dengan menggunakan garam hanya saja diganti dengan gula.

Bersihkan pare yang hendak dimasak terlebih dahulu, iris tipis dan remas-remas pare tersebut dengan campuran gula pasir sampai lemas. Lalu diamkan beberapa saat hingga pare tersebut mengeluarkan air kemudian cucilah sampai bersih.

Meremas pare dilakukan untuk membantu mengeluarkan cairan  atau ekstrak paling pahit dalam daging buah pare sehingga rasa pahit secara otomatis dapat berkurang.

Dengan menggunakan beberapa cara di atas, maka rasa pahit pada pare dapat berkurang dan Anda dapat menikmati olahan pare tanpa khawatir akan terasa pahit di lidah.(GWH)