Surya Paloh: Nasdem Partai Baru Tapi Lebih Dewasa

Foto: Ant

Makassar, Sayangi.com – Ketua Umum Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Surya Paloh yang menghadiri kampanye akbar di Makassar, Sulawesi Selatan, menilai partainya lebih dewasa dari partai politik lainnya yang sudah lama hadir dalam kancah perpolitikan.

“Partai Nasdem ini boleh saja sebagai partai baru. Tetapi, mungkin saja pikirannya lebih dewasa dibanding partai lama,” ujar Paloh dalam orasinya pada kampanye akbar Partai Nasdem di Lapangan Hertasning Makassar, Sabtu.

Dalam orasinya, dia berulang kali mengatakan bahwa yang menjadi indikator dari suatu rekrutmen partainya adalah moral tanpa menafikan status sosial maupun kecerdasan dari calon legislatif.

Paloh juga menyindir perilaku buruk para politisi partai lainnya yang lahir lebih dulu dari partainya dan bahkan telah beberapa kali mengikuti pemilihan umum (pemilu).

Politisi partai lain dianggapnya tidak mampu memperbaiki negara ini. Partai Nasdem pun menjanjikan ada perbaikan dan perubahan karena dinilai lebih dewasa dalam berpikir.

“Kita memang baru, tetapi kita akan menjanjikan akan adanya perubahan dan perbaikan dalam negeri sesuai dengan visi dan misi Partai Nasdem yakni melakukan restorasi bangsa,” jelasnya.

Mantan politisi Partai Golkar ini juga mengritisi para politisi pengambil kebijakan yang tak mampu mengeluarkan Indonesia dari jeratan bangsa lain, padahal bangsa Indonesia adalah salah satu bangsa terbesar di Asia.

Dengan kekayaan alam yang begitu melimpah, luas wilayah Indonesia terhampar dari Sabang sampai Merauke. Indonesia juga mempunyai ribuan pulau serta banyak lagi hal lainnya, namun rusak karena perilaku politisi yang dianggap korup.

Menurut Paloh yang juga pengusaha media itu, jika semua rentetan masalah dari bangsa ini dikarenakan adanya kesalahan dari awal, kesalahan pada niat untuk membangun bangsa.

“Kita sudah tidak sesuai seperti yang dinyatakan dalam Islam, nawaitu (niat), tak berjalan di siratal mustaqim (jalan yang lurus),” kata Paloh dalam orasinya. (An)