Sayur dan Buah Turunkan Risiko Kematian

sayangi.com/doc

Sayangi.com – Konsumsi buah dan sayuran sebanyak tujuh porsi atau lebih dalam sehari lebih sehat dibandingkan rekomendasi sebelumnya yang menyebutkan lima kali, seperti disampaikan oleh para peneliti.

Peneliti juga mengatakan konsumsi makanan dan minuman akan membuat orang menjadi lebih sehat.

Studi yang melibatkan sekitar 65.226 laki-laki dan perempuan mengindikasikan lebih banyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, membuat risiko kematian menurun.

Penelitian mengindikasikan konsumsi buah-buahan dan sayuran sebanyak “tujuh kali sehari” menurunkan risiko kematian sekitar 42%, dan 29% jika “lima kali sehari”.

Tetapi pemerintah mengatakan saran untuk konsumsi buah-buahan dan sayuran sebanyak “lima kali sehari” pun banyak yang sulit memenuhi, seperti dilaporkan wartawan kesehatan BBC News, Pippa Stephens.

Para ahli mengatakan faktor gaya hidup seperti tidak merokok atau minum alkohol berlebihan, bisa dihitung sebagai penyebab penurunan angka kematian, tidak hanya konsumsi buah-buahan dan sayuran.

Para peneliti menyatakan faktor gaya hidup pun telah dihitung.

Para peneliti dari Universitas College London menggunakan data Survei Kesehatan Nasional yang dikumpulkan dari orang-orang di Inggris setiap tahunnya melalui kuisioner dan kunjungan petugas medis, mengenai diet dan gaya hidup mereka.

Data yang dianalisa antara 2001 dan 2008, hanya menyediakan potret saja bukan kebiasaan diet seseorang selama periode tujuh tahun.

Risiko kematian yang disebabkan berbagai kasus meningkat dengan peningkatan konsumsi buah-buahan dan sayuran. (MD/BBC)