Rosberg Start Dari Posisi Terdepan di GP Bahrain

Foto: BBC

Manama, Sayangi.com – Nico Rosberg membawa Mercedes-nya pada posisi start terdepan untuk tahun kedua balap di Bahrain pada Sabtu, setelah kesalahan di putaran terakhir yang dilakukan rekan setimnya Lewis Hamilton membuat pebalap Inggris itu gagal mendulang hatrik di kualifikasi.

Rosberg, pemuncak klasemen Formula 1, berada di bawah bayang-bayang Hamilton sepanjang latihan namun ia melejit pada sesi malam untuk mengamankan posisi start terdepannya sejak Monaco Mei silam.

Catatan waktunya adalah satu menit 33,185 detik, yang lebih cepat 0,279 detik dari catatan terbaik pebalap Inggris Raya tersebut.

Hamilton, yang menang di Malaysia pada akhir pekan silam dan mengejar posisi start ketiganya secara beruntun, harus puas dengan posisi kedua.

“Saya memiliki kenangan-kenangan bagus di trek ini, memenangi kejuaraan GP2 dan memulai balap pertama saya di F1. Saya menikmati datang kemari dan kembali pada hari ini, ini cocok dengan saya,” kata Rosberg, yang menikmati kemenangan di balap pembuka musim di Australia.

“Ada tantangan yang berbeda menanti kami untuk balap. Degradasi ban mungkin merupakan masalah dan kesulitan utama, namun saya percaya diri,” kata pebalap Jerman itu mengenai posisi start kelima sepanjang karirnya.

“Saya beberapa kali melaju dengan baik kemarin dengan bahan bakar penuh, maka saya percaya diri bahwa saya mampu tetap berada di depan pada balap besok.” Hamilton merupakan pebalap yang tercepat pada tiga sesi latihan, di mana Rosberg berada di urutan kedua, namun menempel ketat rekan setimnya itu saat ia melakukan persiapan untuk putaran terakhirnya.

Melaju melebar Ia terlalu lama melakukannya, melaju melebar, dan harus menyerahkan posisi terdepan.

“Anda tidak dapat selalu melakukannya dengan baik dan selamat untuk Nico,” kata juara 2008 itu. “Ia melakukan pekerjaan hebat pada akhir pekan ini, ia berkembang dan meningkatkan kecepatannya. Ia benar-benar memiliki putaran yang bagus menjelang akhir di sini.” “Saya melakukan kesalahan pada putaran terakhir saya, terkunci dan melaju lurus namun secara umum saya gembira. Saya benar-benar bangga terhadap tim, bagi kami untuk terus bergerak maju dan berkembang.” Hamilton dapat tersingkir dari posisi puncak pada Minggu, di mana pemenang tahun lalu Sebastian Vettel memulai balap di posisi kedua pada 2013 untuk Red Bull.

Vettel akan memiliki pekerjaan untuk diulang dari urutan kesepuluh di sirkuit, yang belum pernah menghadirkan kemenangan di luar dua posisi start terdepan.

Rekan setimnya yang baru, Daniel Ricciardo, lolos kualifikasi di urutan ketiga tercepat, namun ia harus menjalani penalti penurunan 10 posisi yang dijatuhkan kepadanya di Malaysia karena menyelesaikan pit stop dengan cara yang tidak aman, yang membuat dirinya harus start di belakang Vettel.

“Saya benar-benar senang dengan penampilan ini. Saat ini siapapun yang terbaik selain siapapun, dapat menyingkirkan dua pebalap di depan saya,” kata Riciardo pada konferensi pers pasca kualifikasi.

Valteteri Bottas asal Finlandia akan naik ke urutan ketiga untuk Williams yang bermesin Mercedes.

Pebalap Meksiko Sergio Perez, yang tidak start di Malaysia karena masalah software, akan bergabung dengannya di baris start kedua dengan Force India, dengan peluang bagus untuk dapat mencapai podium.

Vettel gagal mencapai fase final kualifikasi untuk kedua kalinya dari tiga balap.

“Mereka (Mercedes) berada di luar jangkauan. Trek ini sangat cocok dengan mereka,” kata pebalap Jerman itu, yang terpelintir pada laihan terakhir dan memiliki masalah dengan gear shiftnya.

“Kami jatuh sepanjang sesi pengujian di trek yang sulit bagi kami. Kami kurang bertenaga. Di sini Anda memerlukan tenaga. Itulah caranya. Meski demikian besok kami memiliki peluang bagus untuk menempatkan mobil pada tempat yang bagus untuk mendulang angka-angka.” Pebalap Ferrari Kimi Raikkonen menempati urutan keenam, namun naik ke urutan kelima, di mana pebalap McLaren Jensin Button bersama Felipe Massa yang membela Williams berbagi baris keempat bersama pebalap pemula Denmark yang membela McLaren Kevin Magnussen.

Pebalap Ferrari Fernando Alonso menempati urutan kesepuluh, namun naik ke urutan kesembilan, dan ia berkata dirinya mengalami penurunan kekuatan pada fase akhir.

Balap Minggu akan menjadi edisi ke-10 Grand Prix Bahrain, dengan latar belakang cuaca berawan sejak 2011, dan pertama kalinya dilakukan dalam format pagi sampai malam. (Reuters)