Juarai GP Bahrain, Hamilton Samai Rekor Manuel Fangio

Foto: BBC

Manama, Sayangi.com – Lewis Hamilton memenangi Grand Prix Bahrain pada Minggu, dengan mengungguli rekan setimnya di mercedes Nico Rosberg setelah duel rapat yang menegangkan, yang membuat dirinya menyamai rekor pebalap legendaris Juan Manuel Fangio dengan 24 kemenangan sepanjang karirnya.

Hamilton, yang juga memenangi balap akhir pekan silam di Malaysia, finis dengan keunggulan 1,085 atas Rosberg pada kesuksesan lain tim Mercedes yang telah memenangi ketiga balap musim ini.

Sergio Perez yang membela tim Force India berada di peringkat ketiga, tertinggal 24,067 detik dari catatan waktu sang pemenang, untuk membuat timnya merasakan podium untuk kedua kalinya.

Pebalap Red Bull Daniel Ricciardo, yang memulai balap dari posisi ke-13, berada di peringkat keempat, diikuti oleh Nico Hulkenberg pada Force India kedua, dan juara dunia Sebastian Vettel pada Red Bull kedua untuk melengkapi enam besar.

Hasil ini membuat Rosberg, yang merupakan pemenang Grand Prix Australia, masih memuncaki klasemen kejuaraan dunia dengan 61 angka.

Hamilton berada di peringkat kedua dengan 50 angka, sedangkan peringkat ketiga dihuni oleh Hulkenberg dengan koleksi 28 angka.

Pebalap Inggris itu melaju untuk meraih kemenangan pada Grand Prix ke-900, dengan unggul lebih dari sembilan detik ketika “safety car” masuk lintasan pada putaran ke-42 dari balap yang berlangsung sebanyak 57 putaran itu.

Rosberg, yang start dari posisi terdepan, sempat melewati pebalap Inggris itu namun Hamilton merebut kembali otoritasnya, meski ban-ban mediumnya memiliki daya cengkram yang lebih sedikit daripada yang digunakan pebalap Jerman itu yang memilih ban-ban yang lebih lembut.

Pada putaran terakhir, Hamilton memastikan kemenangan ke-24 sepanjang karirnya melalui pertarungan jarak dekat.

“Terima kasih kepada semuanya pada akhir pekan ini, kami tidak memiliki kecepatan yang cukup baik maka marilah kita perbaiki,” kata sang pemenang.

Hamilton membuka keunggulan pada tikungan pertama dari rekan setimnya yang start di posisi terdepan, dan secara bertahap memperlebar jarak.

Dengan dua Mercedes yang melaju cepat, mobil-mobil lain tertinggal cukup jauh untuk dapat memperebutkan posisi podium yang tersisa.

Mantan juara dunia Kimi Raikkonen sempat bertubrukan dengan Kevin Magnussen pada putaran pertama, di mana bintang Ferrari itu mengklaim dirinya ditubruk oleh pebalap pemula McLaren itu.

Pebalap Williams Felipe Massa, yang memulai balap dari posisi ketujuh dan merupakan pebalap tercepat di Sirkuit Sakhir pada pengujian musim dingin, merangsek ke posisi ketiga pada putaran ketujuh.

Namun ketika pebalap Brazil ini kemudian melambat, Perez, yang juga mendapat manfaat dari mesin Mercedes, membuka jalan untuk merebut posisi ketiga pada putaran ke-15.

Jenson Button dari McLaren, dan ambil bagian pada Grand Prix ke-250nya, berada di posisi keempat pada fase-fase awal di mana Hulkenberg berada di posisi kelima.

Red Bull memerintahkan kepada juara dunia Vettel untuk memberi jalan kepada Ricciardo untuk menduduki posisi kelima.

Empat kali juara dunia itu, yang start dari posisi ke-10 berkata kepada timnya bahwa ia kehilangan sisten DRSnya.

“Daniel lebih cepat daripada Anda, Seb. Biarkan ia lewat,” perintah Red Bull.

Di depan, Rosberg kemudian menyalip Hamilton pada putaran ke-19 untuk sesaat menguasai posisi terdepan, sebelum sang juara dunia 2008 itu kembali merebut posisinya.

Rosberg geram ketika keduanya berduel ketat.

“Apa yang ia lakukan tidak pantas,” teriak pebalap Jerman itu.

Hamilton kemudian masuk pit untuk pertama kalinya namun ia kembali merebut posisi terdepan pada putaran ke-22, ketika Rosberg juga masuk pit untuk pertama kalinya.

Pada separuh jalannya balap, Hamilton unggul tujuh detik dari Rosberg, sedangkan Massa kembali menduduki posisi ketiga dengan mengungguli Perez dan Hulkenberg yang berada di posisi kelima.

Pada putaran ke-40, keunggulan Hamilton atas Rosberg membesar sampai 9,5 detik, di mana pebalap Williams Valtteri Bottas berada di posisi ketiga dengan mengungguli dua mobil Force India.

Fernando Alonso, pemenang tiga kali di Bahrain, menduduki posisi keenam dan berada di belakang Button, Vettel, dan Ricciardo.

Pada putaran ke-42, safety car masuk lintasan setelah mobil Lotus Pastor Maldonado bertabrakan dengan mobl Sauber yang dikendarai Esteban Gutierrez.

Balap diteruskan untuk empat putaran selanjutnya, di mana Hamilton masih mengungguli Rosberg, sedangkan Riicardo melewati Vettel yang mengeluhkan mobil Red Bullnya kurang bertenaga.

Massa berada di posisi ketujuh, Bottas menguasai posisi kedelapan, sedangkan Alonso dan Raikkonen terlempar dari 10 besar untuk melengkapi hari yang suram bagi Ferrari. (AFP)