Ingin Awet Muda? Lakukan 4 Kebiasaan Kecil Ini

Foto: telegraph.co.uk

Jakarta, Sayangi.com – Hampir semua orang tidak ingin terlihat tua meskipun usia mereka bertambah, terutama para wanita. Kebanyakan dari mereka ingin tetap terlihat bugar, awet muda dan memiliki kulit sehat. Tetapi bagaimanapun juga proses penuaan pada tubuh tidaklah dapat dicegah, akan tetapi dapat diperlambat dan dijaga agar tidak menyebabkan kematian dini.

Berikut beberapa kebiasaaan yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan tubuh dan membuat usia lebih panjang, seperti dilansir LiveStrong.com :

Perbanyak konsumsi buah dan sayur berwarna-warni
Tidak semua orang mau mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran. Kebanyakan mereka hanya mau mengkonsumsi beberapa jenis buah dan sayuran saja dengan alasan kurang suka terhadap sayuran dan juga buah-buahan. Namun tahukah Anda, ternyata dengan memperkaya warna asupan buah dan sayur, Anda dapat memetik nutrisi dengan lebih maksimal.

Perbedaan warna yang terdapat pada buah dan sayuran sebenarnya dapat menunjukkan kandungan nutrisi dan antioksidannya. Bayangkan bila Anda dapat mengkonsumi beragam buah dan sayuran setiap hari. Selain sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, perbedaan warna pada sayuran ini juga ternyata memiliki peran masing-masing yang berbeda-beda dalam menjaga kesehatan tubuh dan juga kulit. Selain itu juga secara alami akan membantu membuat usia Anda lebih panjang.

Konsumsi asam lemak omega-3
Asam lemak omega-3 merupakan jenis asam lemak yang baik bagi tubuh dan juga bagi kesehatan. Selain itu menurut Dr. Ramin Farzaneg-Far, EPA dan DHA yang terkandung dalam lemak omega-3 dapat membantu menjaga kromosom dan menghindarkan dari penuaan dini.

EPA dan DHA ini sendiri dapat ditemukan di beberapa jenis ikan laut, seperti aneka tuna, mackarel, sardin, salmon, dan lain sebagainya. Selain itu sumber omega-3 lainnya yang murah dan sangat terangkau adalah minyak ikan serta telur.

Konsumsi teh hijau
Teh hijau mengandung antioksidan yang disebut juga epigallocatechin-3-gallate. Epigallocatechin-3-gallate sendiri merupakan sumber yang dapat membantu menjaga berat badan sehingga tubuh dan jantung menjadi jauh lebih sehat dan juga dapat memerangi penyakit kanker.

Gerakan tubuh dan berolahraga dengan teratur
Bagi Anda yang memiliki kebiasaan malas untuk berolahraga, mulai sekarang cobalah untuk dapat menggerakkan tubuh Anda. Tidak harus pergi ke pusat kebugaran untuk dapat berolahraga dan menggerakan seluruh tubuh Anda. Anda dapat melakukan lari pagi atau sekedar berjalan-jalan pagi selama 30 sampai 45 menit setiap harinya. Jika Anda tidak memiliki waktu untuk berjalan diluar rumah, maka Anda dapat melakukan berbagai aktivitas dirumah yang membuat tubuh Anda bergerak.

Jadi mulai sekarang, jangan pernah meremehkan kebiasaan-kebiasaan kecil yang terlihat sepele. Karena dengan kebiasaan kecil semacam itu ternyata dapat membuat tubuh Anda menjadi sehat dan memiliki usia yang lebih panjang.(SIS)