Amerika Sediakan Mesin Penjual Mariyuana Pertama di Dunia

Foto: Dailymail

Colorado, Sayangi.com – Tidak seperti di negara lain yang melarang penggunaan dan penjualan mariyuana alias ganja, di Amerika Serikat selain di legalkan pun telah disediakan mesin penjual otomatisnya.

Mesin penjual otomatis mariyuana pertama didunia ini diberi nama Zazzz. Mesin yang diproduksi oleh perusahaan American Green itu diletakkan di tempat umum, tepatnya di Montana Smokehouse yang terletak di daerah Avon, Colorado.

Tidak sembarangan, pembeli yang ingin menggunakan mesin ini harus membawa tanda pengenal atau SIM untuk penyesuaian umur.

Stephen Shearin , CEO dari perusahaan American Green menjelaskan, langkah pertama yang harus dilakukan pembeli adalah meletakkan kartu pengenal di pemindai untuk mendapatkan persetujuan mesin. Terdapat pula kamera yang akan memastikan bahwa pembeli dan pemilik kartu identitas adalah orang yang sama. Selanjutnya, pembeli bisa memilih produk dan membayar, layaknya sistem pada mesin penjual minuman otomatis pada umumnya.

“Banyak orang yang melihat mesin ini dan masih menyangka bahwa ini adalah mesin biasa, padahal tidak. Mesin ini cukup besar untuk orang-orang ‘pemalu’,” ujar Stephen Shearin seperti dilansir dari Mail Online, Selasa (15/4/2014).

Stephen juga membuat sejumlah peraturan yang diunggah ke situs The Cannabist. Dalam peraturan tersebut, diberlakukan pemeriksaan usia dan identitas di bawah kontrol Act Meth, lembaga pengawasan obat methamphetamine. Pembeli juga harus memiliki izin dulu sebelum membeli.

Greh Honan, pemilik Herbal Elemenst yang menyuplai mariyuana ke mesin, menegaskan bahwa mesin tersebut akan diuji coba dulu sesuai dengan peraturan dan kepatuhan yang ada.

Pantauan Stephen, sejauh ini mesin Zazzz hanya menjual mariyuana untuk keperluan pengobatan saja.(SIS)