Rifat Sungkar: Kejurnas Speed Offroad Semakin Ketat

Foto: Dok. Istimewa

Tangerang Selatan, Banten, Sayangi.com – Rifat Sungkar, atlet otomotif Indonesia, yang juga Juara Nasional Speed Offroad 2013, akan kembali turun bertarung dalam putaran pertama Kejuaraan Nasional Speed Offroad 2014, yang akan digelar pada 19-20 April 2014 di Sirkuit Paramount Gading Serpong, Tangerang.

Sebanyak 200 offroader akan memacu kendaraannya di  4 SS, dua di hari Sabtu dan dua di hari Minggu.

Menurut Rifat, sirkuit  dengan panjang lintasan  4,1 kilometer ini, sangat lengkap karena  dilengkapi dengan banyak  rintangan seperti  jumping, winding, double jump, table top, dan juga long corner. “ Secara keseluruhan, lintasan sangat bagus, high speed, lebar dan licin.

Lintasan pada putaran pembuka ini menyajikan  sesuatu yang baru dibandingkan lintasan sirkuit yang sudah ada sebelumnya di Kejurnas 2013, dan dipersiapkan untuk menguji ketrampilan para offroader sampai dengan tingkat yang paling maksimal.” ungkap Rifat.

Di putaran pertama ini, Rifat akan kembali ditemani oleh navigator, M. Indra Prasetyo. Rifat akan turun di kelas FFA 4 silinder.

Perubahan regulasi Kejurnas Speed Offroad 2014 mengenai penghapusan peraturan handicap di kelas FFA, ditanggapi positif oleh Rifat. “Dengan penghapusan handicap ini, mungkin saya berada di posisi yang tidak diuntungkan. Tapi ini menjadi tantangan buat saya, dengan kemampuan yang kita miliki, kita berusaha untuk mencapai yang terbaik” ujar Rifat.

Rifat tetap mengandalkan kendaraan Mitsubishi Pajero Sport, yang menggunakan mesin diesel. Setelah melakukan ujicoba kendaraan dengan mengikuti dua seri X Offroad Racing, Mitsubishi Pajero Sport mengalami beberapa penyesuaian, antara lain menambahkan nitrogen oksida untuk meningkatkan tenaga dan kecepatan mobil. Selain itu, Rifat juga memperbarui sistem kemudi agar lebih responsif dan juga penggantian suspensi khusus yang didatangkan dari Belanda.

“Saya yakin semua pasti ingin keluar sebagai juara. Dengan banyaknya peserta dengan kemampuan yang berkembang pesat dan juga kendaraan baru yang sudah dipersiapkan dengan baik, maka persaingan akan semakin ketat. Namun kita harus tetap membangun semangat berkompetisi” tutur Rifat

Kejurnas Speed Offroad 2014 direncanakan digelar dalam lima seri. Seri pertama akan digelar pada 19-20 April di Sirkuit Paramount Serpong. Seri kedua digelar pada 31 Mei-1 Juni di Harvest City Cileungsi, seri ketiga di Serang, Banten pada 23-24 Agustus, dan seri keempat di Bogor pada 20-21 September. Sedangkan untuk seri kelima akan diinformasikan kemudian. (RH)