PDI Perjuangan Berjaya di Kota Semarang

setkab.go.id

Semarang, Sayangi.com – Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan menempati peringkat pertama perolehan suara untuk DPRD Kota Semarang pada Pemilihan Umum 2014 dengan meraih sebesar 29,7 persen.

“Dari hasil rekapitulasi perolehan suara untuk DPRD Kota Semarang, PDI Perjuangan memeroleh 29,7 persen,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang Henry Wahyono di Semarang, Minggu.

Dari total suara sah Pemilu 2014 untuk DPRD Kota Semarang pada enam daerah pemilihan (dapil) yang berjumlah sebanyak 789.543 suara, kata dia, PDI Perjuangan memeroleh sebanyak 234.227 suara.

Urutan kedua, kata dia, ditempati Partai Gerindra dengan selisih perolehan suara cukup jauh yaitu 12,2 persen, disusul oleh Partai Demokrat yang memeroleh suara sebesar 11,3 persen.

Pada urutan keempat perolehan suara DPRD Kota Semarang, kata dia, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memeroleh 8,4 persen, kemudian menyusul di bawahnya Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 8,2 persen.

Urutan berikutnya, Partai Golkar sebesar 7,2 persen, disusul Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 7,0 persen, Partai Nasional Demokrat 6,0 persen, Hanura 4,5 persen, dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 4,1 persen.

“Selanjutnya, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) memeroleh suara sebesar 0,9 persen, sementara Partai Bulan Bintang (PBB) mendapatkan suara sebesar 0,5 persen,” kata Henry.

Untuk DPRD Jawa Tengah, ia menyebutkan PDI Perjuangan juga menempati urutan pertama lima besar dengan perolehan suara sebesar 37 persen, disusul oleh Gerindra dengan perolehan sebesar 12 persen.

Urutan ketiga, Partai Demokrat sebesar 12 persen, disusul PKS dengan perolehan sebesar delapan persen, dan PKB menempati urutan kelima dengan perolehan suara sebesar delapan persen.

Demikian pula perolehan suara untuk DPR RI, PDI Perjuangan kembali menempati urutan pertama lima besar dengan perolehan 35,94 persen suara, disusul Gerindra dengan 12,93 persen, dan Partai Demokrat sebesar 9,68 persen.

Urutan keempat, ditempati PKS dengan perolehan 7,1 persen, dan urutan kelima Partai Golkar dengan perolehan 6,94 persen.

Henry menjelaskan KPU Kota Semarang segera melaporkan hasil rekapitulasi perolehan suara tersebut ke KPU Jateng, dan selanjutnya pada Selasa-Rabu (22-23/4) mendatang akan dilakukan rapat pleno.

“Pada 9 Mei mendatang akan dilakukan rapat pleno terbuka untuk menetapkan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih di KPU Jateng. Dijadwalkan, Juni-Juli mendatang diumumkan dan persiapan pelantikan,” kata Henry. (MD/Ant)