Tenis: Jerman Tantang Ceko di Final Piala Fed

Foto: DW

Brisane, Sayangi.com – Tim Jerman lolos ke final Grup Dunia turnamen tenis beregu putri Piala Federasi, setelah tunggal putri Angelique Kerber mengalahkan pemain Australia Samanta Stosur pada partai tunggal ketiga babak semifinal di Brisbane, Minggu.

Kerber, pemain nomor tujuh dunia, bangkit dari kehilangan set pertama untuk menaklukkan mantan juara AS Terbuka itu 4-6, 6-0, 6-4 dalam waktu dua jam 14 menit sehingga tim Jerman tidak bisa dikejar lagi oleh Australia.

Dua partai pertama yang dimainkan hari Sabtu juga dimenangi Jerman.

Australia mendapat satu angka setelah pasangan Cassey Dellacqua/Ashleigh Barty mengalahkan Julia Georges/Anna-Lena Groenefeld 6-2, 6-7 (5/7), 10-2.

Pada babak final Jerman akan berhadapan dengan pemenang antara Republik Ceko dan Italia.

Keberhasilan lolos ke final tahun ini merupakan yang pertama dicatat Jerman sejak 1992, ketika mereka masih diperkuat Stefi Graf dan Anke Huber.

“Ini moment spesial bagi saya dan semua anggota tim. Saya bisa bermain baik, meski pertandingan cukup sengit karena Sam juga tampil sangat bagus, apalagi saya belum pernah mengalahkan dia sebelumnya,” kata Kerber.

Berikut hasil lengkap: Jerman 3 – Australia 1 Sabtu: Angelique Kerber (Jerman) menang atas Casey Dellacqua (Australia) 6-1 6-0 Andrea Petkovic (Jerman) m.a Samantha Stosur (Australia) 6-1 7-6(7) Minggu: Ashleigh Barty/Casey Dellacqua (Australia) m.a Julia Goerges/Anna-Lena Groenefeld (Jerman) 6-2 6-7(5) 10-2 Angelique Kerber (Jerman) m.a Samantha Stosur (Australia) 4-6 6-0 6-4.

Sementara itu, Petra Kvitova mengantarkan tim Republik Ceko ke final turnamen tenis beregu putri Fed Cup grup dunia untuk ketiga kalinya dalam empat tahun terakhir, setelah pada partai ketiga babak semifinal Minggu, mengalahkan petenis Italia Roberta Vinci.

Kvitova, peringkat enam WTA dan mantan juara Wimbledon, menang 6-3, 7-5 atas pemain nomor 20 dunia itu dalam waktu satu setengah jam di lapangan keras CAZ Arena, Kota Ostrava, timur Ceko.

Dengan hasil itu, juara bertahan Italia tertinggal 0-3 dan tidak mungkin mengejar lagi.

Sebelumnnya pada pertandingan Sabtu Lucie Safarova mengalahkan pemain nomor satu Italia Sara Errani 6-4, 6-1, kemudian Kvitova menaklukkan Camila Giorgi 6-4, 6-2.

Republik Ceko yang meraih trofi Fed Cup pada 2011 dan 2012 itu akan kembali menjadi tuan rumah saat menantang Jerman pada babak final 8-9 November mendatang.

“Saya senang kami dapat menjalankan tugas ini dan tentunya akan memberi kebahagian bagi seluruh negri karena akan menjadi tuan rumah lagi di babak final,” kata Kvitova.

Dalam lima tahun terakhir, Ceko dan Italia bergantian menjuarai Fed Cup. Italia jadi juara pada 2009, 2010 dan 2013.(AFP)