Golkar Berjaya di Kabupaten Banjar

kpukabupatenbanjar.blogspot.com

Martapura, Sayangi.com – Partai Golongan Karya meraih suara terbanyak pada pemilihan umum legislatif di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan, dengan mengumpulkan 73.910 suara pemilih.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Banjar Ahmad Faisal di Martapura, Selasa (24/4)mengatakan, perolehan suara Partai Golkar dan partai peserta pemilu lainnya sudah ditetapkan dalam rekapitulasi perolehan suara.

“Rekapitulasi perolehan suara sudah ditetapkan melalui rapat pleno terbuka yang digelar tiga hari sejak 19-21 April 2014 dan seluruh pihak yang hadir menandatangani berita acara rekapitulasi,” ujarnya.

Ia mengatakan, sesuai rekapitulasi yang sudah ditetapkan diketahui jumlah perolehan suara partai politik peserta pemilu legislatif Kabupaten Banjar yang memperebutkan 388.041 pemilih yang masuk daftar pemilih tetap. Disebutkan, Partai Persatuan Pembangunan menempati peringkat kedua perolehan suara dengan mengumpulkan 40.750 suara disusul Partai Kebangkitan Bangsa di peringkat tiga yang meraih 23.264 suara.

Peringkat empat perolehan suara diduduki Partai Demokrat sebanyak 22.086 suara disusul Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan di peringkat lima dengan jumlah suara mencapai 22.033 suara.

Partai nomor urut enam Gerindra menempati posisi yang sama di peringkat enam pengumpulan suara sebanyak 21.268 suara dan Partai Nasional Demokrat yang meraih 17.806 suara menempati peringkat tujuh.

Kemudian, Partai Amanat Nasional meraih 12.691 suara menempati peringkat delapan sesuai nomor urut partai disusul peringkat sembilan perolehan suara dicapai Partai Keadilan Sejahtera dengan 12.360 suara.

Selanjutnya, peringkat sepuluh ditempati Partai Hati Nurani Rakyat dengan 9.871 suara, Partai Bulan Bintang peringkat sebelas 8.038 suara dan PKPI di peringkat duabelas mengumpulkan 5.386 suara.

Dikatakan Ketua KPU, tahapan selanjutnya setelah rekapitulasi perolehan suara adalah penetapan jumlah kursi yang diraih partai politik di DPRD Kabupaten Banjar dan calon anggota legislatif terpilih.

“Dijadwalkan penetapan jumlah kursi dan calon anggota legislatif terpilih dilaksanakan tanggal 12 Mei 2014 sehingga seluruh pihak bisa mengetahui berapa perolehan kursi dan caleg terpilih,” katanya. (MD/Ant)

Berita Terkait

BAGIKAN