Ryan Giggs Gantikan Posisi Moyes Yang Dipecat MU

Foto: BBC

Manchester, Sayangi.com – Manchester United memecat pelatih David Moyes pada Selasa, hanya 10 bulan setelah ia menggantikan Alex Ferguson sebagai pelatih salah satu klub paling terkenal di dunia itu.

Setelah sehari penuh spekulasi di media Inggris, raksasa Liga Utama Inggris itu mengonfirmasi kepergian pria Skotlandia itu melalui pernyataan singkat di akun Twitter mereka.

“Manchester United mengumumkan bahwa David Moyes telah meninggalkan klub,” kata United. “Klub ingin berterima kasih untuk kerja keras, kejujuran, dan integritas yang ia bawa terhadap perannya.” Rumor-rumor mengenai kepergian Moyes mulai beredar pada Senin, namun klub menolak untuk berkomentar ketika ditanyai apakah sang pelatih menghadapi pemecatan.

Laporan-laporan di surat kabar Inggris pada Selasa mengatakan bahwa Moyes telah diinformasikan mengenai nasibnya pada pertemuan pagi hari yang dihadiri ketua eksekutif Ed Woodward di lapangan latihan klub Carrington Road.

Gelandang veteran Ryan Giggs ditunjuk sebagai pelatih sementara Manchester United, Selasa, tidak lama setelah klub mengumumkan pemecatan David Moyes.

“Menyusul kepergian David Moyes sebagai pelatih, Manchester United mengumumkan bahwa Ryan Giggs, pemain paling senior di klub, akan bertanggung jawab untuk tim pertama sampai penunjukan permanen dapat dibuat,” demikian bunyi pernyataan di situs resmi United.

“Klub tidak akan membuat komentar lanjutan pada proses ini sampai semuanya dapat disimpulkan.” Giggs (40) melakukan debutnya di United pada Maret 1991 dan telah mencatatkan 962 penampilan untuk klub, memenangi 13 gelar Liga Utama Inggris, dua Liga Champions, empat Piala FA, empat Piala Liga, dan satu Piala Dunia Klub.

Ia belum memiliki pengalaman melatih, namun telah mengombinasikan perannya sebagai pemain dengan posisi staf kepelatihan United sejak awal musim ini.

United menjamu Norwich City pada Sabtu pada pertandingan pertama dari empat pertandingan liga tersisa di musim ini.

Louis van Gaal, pelatih timnas Belanda, menjadi favorit untuk menggantikan Moyes dengan basis permanen oleh para petaruh Inggris, di mana Jurgen Klopp yang masih menangani Borussia Dortmund menjadi kandidat selanjutnya.

Ferguson, salah satu pelatih tersukses di sepak bola Inggris, secara pribadi menunjuk Moyes untuk menggantikannya setelah mengumumkan pengunduran dirinya pada Mei silam, menyusul 26,5 tahun bertabur gelar di Old Trafford.

Moyes mewarisi tim yang meraih gelar Liga Utama Inggris – mahkota liga Inggris ke-20 bagi United – dengan keunggulan 11 angka, namun ia mengalami musim debut yang sangat buruk.

Buruk dan semakin buruk United terpuruk ke peringkat ketujuh di klasemen liga dan tersingkir dari dua kompetisi piala domestik dan Liga Champions.

Pertandingan terakhir Moyes sebagai pelatih Setan Merah adalah saat mereka kalah 0-2 dari bekas klubnya Everton, yang mengonfirmasi United tidak akan mengikuti Liga Champions pada musim depan, untuk pertama kalinya terjadi sejak 1995.

Kekalahan itu, kekalahan ke-11 United di liga musim ini, membuat sang juara bertahan tertinggal 13 angka dari zona Liga Champions dan terpaut 23 angka dari pemuncak klasemen Liverpool.

Mereka bahkan kesulitan untuk lolos ke Liga Europa, di mana United tertinggal enam angka dari tim peringkat keenam Tottenham Hotspur dengan empat pertandingan yang belum dimainkan.

Dari kekalahan-kekalahan mereka di liga, enam kekalahan terjadi di kandang sendiri, dan mereka merasakan kekalahan baik saat bermain kandang maupun tandang dari rival abadi Liverpool, Manchester City, serta Everton.

Kebijakan transfer Moyes terbukti mengecewakan, di mana mereka mendatangkan gelandang Marouane Fellaini dari Everton dengan biaya 27,5 pound, dan 37,1 juta pound yang merupakan rekor klub untuk merekrut Juan Mata, yang didatangkan dari Chelsea.

Sebagai hasilnya, para pemilik United yang berasal dari AS, keluarga Glazer, dilaporkan merasa ragu untuk memberikan dana segar kepada Moyes untuk membangun ulang tim pada musim panas mendatang.

Pria Skotlandia berusia 50 tahun itu ditunjuk atas dasar rekomendasi pribadi Alex Ferguson, yang pensiun pada musim lalu setelah 26 tahun mengarsiteki United untuk meraih gelar ke-13 sepanjang masa kepelatihannya dan yang ke-20 dalam sejarah klub tersebut.

Moyes, yang sebelumnya melatih Everton selama 11 musim namun tidak pernah memenangi trofi, mendapat kontrak enam tahun namun klub Old Trafford itu menderita krisis demi krisis yang tidak ada habisnya.

Kekalahan 0-2 di markas Everton pada Minggu merupakan batas kesabaran para petinggi klub, keluarga Glazer, ketika United yang menghuni peringkat ketujuh di klasemen gagal lolos ke Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 1995/1996.

Berikut ini data dan fakta David Moyes, yang dipecat sebagai pelatih Manchester United, Selasa.

Nama: David William Moyes Usia: 50 Tanggal lahir: 25 April 1963 Tempat lahir: Glasgow, Skotlandia Kari sebagai pemain Posisi: Bek tengah Tim: Celpatic (1980-1983), Cambridge United (1983-1985), Bristol City (1985-1987), Shrewsbury Town (1987-1990), Dunfermline Athletic (1990-1993), Hamilton Academical (1993), Preston North End (1993-1999) Penghargaan sebagai pemain Celtic — Liga Skotlandia Divisi dua (1): 1981-82 Preston North End — Liga Sepak Bola Divisi tiga (1): 1995-96 Karir managerial Tim: Preston North End (1998-2002), Everton (2002-2013), Manchester United (2013-2014) Penghargaan sebagai pelatih : Preston North End Football League Divisi Dua (1): 1999-2000.