7 Manfaat Mandi Air Dingin

Foto: Indesignlive

Jakarta, Sayangi.com – Kebanyakan orang akan lebih memilih mandi dengan menggunakan air hangat dibandingkan air dingin. Mandi air hangat memang dipercaya baik untuk melemaskan otot-otot yang tegang dan juga dapat merelaksasi pikiran.
Namun tahukah Anda bahwa ternyata mandi dengan menggunakan air dingin jauh memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan dengan mandi air hangat? Berikut beberapa manfaat mandi menggunakan air dingin seperti dilansir Healthmeup berikut ini :

Meningkatkan kesuburan pria
Fakta bahwa mandi air dingin dapat meningkatkan kesuburan pria memang masih terdengar janggal dan belum diketahui banyak orang. Mandi dengan air dingin bagi pria sangat baik untuk testis dan dapat meningkatkan jumlah sperma yang di produksi. Dengan meningkatnya jumlah sperma yang diproduksi maka mempengaruhi tingkat kesuburan seorang pria. Hal yang terjadi sebaliknya apabila pria mandi dengan air hangat atau panas. Untuk itu disarankan bagi Anda yang berencana untuk memiliki seorang anak, saatnya beralih menggunakan air dingin. Berfikirlah dua kali jika Anda berencana untuk mengunjungi sauna atau mandi uap.

Meningkatkan sirkulasi darah untuk menghilangkan toksin dalam tubuh
Ketika air dingin menyentuh permukaan kulit Anda, maka pembuluh darah di bawah permukaan kuliat Anda akan mengkerut. Hal tersebut akan mengurangi sirkulasi darah, namun disaat yang bersamaan mekanisme tekanan darah secara otomatis akan menghancurkan jaringan. Ini akan menyebabkan darah bersirkulasi dengan doroangan yang lebih besar sehingga aliran darah menjadi lebih kuat dalam meningkatkan sirkulasi.

Membangun kekebalan tubuh
Jika Anda ingin meningkatkan sel darah putih dalam tubuh Anda, maka mandilah dengan air dingin. Mandi dengan air dingin dapat meningkatkan metabolisme, yang pada gilirannya juga akan meningkatkan panas tubuh dan menghidupkan kembali sistem kekebalan tubuh dengan melepaskan sel darah putih.

Meningkatkan metabolisme tubuh
Disaat tubuh Anda disiram dengan menggunakan air dingin, maka secara otomatis tubuh Anda akan menghasilkan panas yang membuat metabolisme tubuh meningkat dengan cepat. Pada saat itulah terjadi pembakaran karbohidrat dan lemak untuk membuat tubuh Anda merasa hangat.

Menjaga kesehatan kulit dan rambut
Mandi dengan air dingin tidak hanya baik untuk kesehatan organ dalam tubuh dan juga pikiran. Mandi air dingin juga ternyata memiliki khasiat yang baik untuk rambut dan kulit. Jika Anda salah satu yang memiliki masalah dengan jerawat atau rambut kusam, maka mandi dengan air dingin dapat membantu Anda mengatasi masalah tersebut. Mandi air hangat seringkali membuat kulit lebih kering, sementara sebaliknya, mandi air dingin akan mengunci pori-pori pada kulit dan rambut Anda. Dengan begitu, pori-pori kulit akan terjaga dan tak mudah dimasuki kuman.

Mencegah cedera
Biasanya setelah Anda melakukan berbagai aktivitas fisik seperti berolahraga, maka otot-otot dalam tubuh Anda akan meradang. Untuk itu dibutuhkan waktu agar dapat membuat otot-otot Anda menjadi kembali rileks. Mandi dengan air dingin dapat membuat otot-otot anda yang tegang menjadi rileks kembali.

Membuat tidur lebih nyenyak
Mandi dengan air dingin dapat memperdalam pernapasan Anda dan membantu melawan kelelahan. Bahkan jika Anda mengalami masalah tidur, mandi air dingin dipercaya bisa membuat tidur menjadi lebih nyenyak.

Demikian beberapa manfaat mengejutkan yang bisa Anda dapatkan dengan mandi air dingin setiap hari. Semoga bermanfaat.(SIS)