Madrid vs Muenchen, Duel Raksasa Berlabel El Clasico Eropa

Foto: Real Madrid

Madrid, Sayangi.com – Final dini terjadi di semifinal Liga Champions musim ini saat dua raksasa Eropa, Real Madrid dan Bayern Munich ditakdirkan saling berhadapan, Kamis (24/4) dini hari. Kali ini Madrid yang menjadi tuan rumah dengan menjamu Bayern di Santiago Bernabeu. Duel ini juga berlabel El Clasico Eropa.

Pertarungan dua raksasa Eropa ini diperkirakan seru dengan kedua tim memiliki ambisi masing-masing melaju ke babak final. Madrid tak pernah kehilangan motivasi untuk meraih La Decima setelah terakhir kali mengangkat trofi Liga Champions 12 tahun lalu.

Jika semangat La Decima tak cukup, Josep Guardiola yang kini menangani Bayern Munich bisa menjadi tambahan motivasi. Guardiola bukan sosok asing bagi Madrid. Selama menjadi pemain dan pelatih, Guardiola kerap menjadi momok menakutkan bagi Los Blancos.

Selama menangani Barca, Guardiola mencatatkan 9 kemenangan dan dua kali kalah dalam 15 pertemuan melawan Madrid. Ditambah lagi, Madrid ingin membalas sakit hati disingkirkan Bayern di babak semifinal Liga Champions edisi 2011/12.

Bayern juga tak kekurangan semangat untuk bisa lolos ke babak final. Raksasa Jerman ini ingin menjadi tim pertama sejak tahun 1992 yang berhasil mempertahankan trofi Liga Champions.

Dalam lawatan kali ini, Bayern dipastikan tanpa Thiago Alcantara dan Xherdan Shaqiri. Namun selain kedua nama tersebut, Bayern bisa menurunkan skuat terbaiknya.

Bastian Schweinsteiger dan Javi Martinez yang absen karena sanksi saat menjamu Manchester United kini dipastikan bisa kembali bermain. Dengan kembalinya Javi Martinez, maka Philipp Lahm bakal kembali menjadi bek kanan dan Thomas Muller mengawali laga dari bangku cadangan.

Beralih ke persiapan tim tamu, Real Madrid dengan senang hati menyambut Cristiano Ronaldo yang sudah pulih dari cedera. Ronaldo bakal kembali melengkapi trio lini depan Los Blancos bersama dengan Gareth Bale dan Karim Benzema.

Kembalinya Ronaldo bakal memakan korban dengan Isco kembali menjadi penghangat bangku cadangan. Sedangkan Angel Di Maria harus merelakan tempatnya untuk Ronaldo dan akan dimainkan lebih dalam sebagai deep playmaker.

Kedua tim sudah saling bertemu di Madrid sebanyak 10 kali dengan Bayern hanya bisa memetik dua kemenangan. Kemenangan terakhir terjadi lewat gol tunggal yang dicetak Giovane Elber.

Susunan Pemain:
Real Madrid (4-2-3-1): Casillas; Carvajal, Pepe, Ramos, Coentrao; Alonso, Modric; Di Maria, Bale, Ronaldo; Benzema.

Bayern Munich (4-2-3-1): Neuer; Lahm, Dante, Boateng, Alaba; Martinez, Schweinsteiger; Kroos, Robben, Ribery; Mandzukic.

Data dan Fakta

  • Asier Illarramendi, Sergio Ramos dan Xabi Alonso bakal absen di laga berikutnya jika mendapat kartu kuning dini hari nanti.
  • Real Madrid menjadi topskor di Liga Champions dengan 32 gol.
  • Cristiano Ronaldo mencetak gol ke-14 di Liga Champions musim ini menyamai catatan satu musim Lionel     Messi edisi 2011/12. Total Ronaldo sudah mencetak 64 gol sepanjang bermain di Liga    Champions.
  • Sebelum laga perempat final leg kedua, Madrid selalu mencetak gol di 34 laga Liga Champions     sebelumnya.  Ronaldo yang mencetak 54 gol di 44 laga bersama klub dan Timnas Portugal tak lagi bermain sejak 2 April karena cedera hamstring.
    10 Kemenagan beruntun yang dicatatkan Bayern Munich di pentas Liga Champions mengalahkan catatan 9     kemenangan beruntun Barcelona di musim 2002/03. Kemenangan beruntun Bayern
  • akhirnya dihentikan     Manchester City di matchday ke-6.
  • Javi Martinez dan Bastian Schweinsteiger sudah kembali bisa dimainkan setelah menjalani sanksi untuk leg kedua perempat final.
  • Mario Mandzukic bakal absen di laga berikutnya jika mendapat kartu kuning saat melawan Real Madrid.

Head to Head
Dalam catatan 5 pertemuan terakhir kedua tim, Madrid sedikit unggul dengan 3 kemenangan. Sementara Bayern hanya dua kali menang.

    26/04/12 Real Madrid 2 – 1 Bayern Munich (Liga Champions)*
    18/04/12 Bayern Munich 2 – 1 Real Madrid (Liga Champions)
    08/03/07 Bayern Munich 2 – 1 Real Madrid (Liga Champions)
    21/02/07 Real Madrid 3 – 2 Bayern Munich (Liga Champions)
    10/03/04 Real Madrid 1 – 0 Bayern Munich (Liga Champions)

*Bayern menang lewat adu penalti

Lima Pertandingan Kedua Tim
Real Madrid (M-M-K-M-M)

    03/04/14 Real Madrid 3 – 0 Borussia Dortmund (Liga Champions)
    06/04/14 Real Sociedad 0 – 4 Real Madrid (La Liga)
    09/04/14 Borussia Dortmund 2 – 0 Real Madrid (Liga Champions)
    13/04/14 Real Madrid 4 – 0 Almeria (La Liga)
    17/04/14 Barcelona 1 – 2 Real Madrid (Copa del Rey)

Bayern Munich (K-M-K-M-M)

    05/04/14 Augsburg 1 – 0 Bayern Munich (Bundesliga)
    10/04/14 Bayern Munich 3 – 1 Manchester United (Liga Champions)
    12/04/14 Bayern Munich 0 – 3 Borussia Dortmund (Bundesliga)
    17/04/14 Bayern Munich 5 – 1 Kaiserslautern (DFP Pokal)
    19/04/14 Eintracht 0 – 2 Bayern Munich (Bundesliga)
(sumber: Bola)