Setelah Islah, Suryadharma Tak Mau Akui Mukernas

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Umum DPP PPP Suryadharma Ali (SDA) tidak menghadiri pembukaan Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Hotel Seruni III, Bogor, Rabu (23/4/2014) sore. Meski ia mendatangi lokasi sekitar pukul 10.30 WIB, ia hanya mendampingi Ketua Majelis Syariah PPP Maemoen Zubair untuk melaksanakan islah.

Ia datang untuk islah dengan beberapa pihak yang berbeda pendapat. Misalnya Plt Ketua Umum Emron Pangkapi dan Sekjen PPP Romahurmuziy. Namun, usai islah yang difasilitasi KH Maemun Zubaer tersebut, Suryadharma langsung meninggalkan lokasi. Ia tidak mengikuti pembukaan Mukernas.

Saat ditanya mengenai forum Mukernas, Suryadharma tidak mau mengakuinya. Suryadharma yang dalam forum tersebut hanya diundang sebagai Menteri Agama RI tersebut menyebut forum tersebut sebagai forum sosialisasi islah atau damai di antara dua kubu yang berseberangan dan berkonflik.

“Tidak ada forum Mukernas, yang ada forum sosialisasi islah,” kata Suryadharma di Jakarta, Rabu (23/4/2014).

Mukernas sendiri sudah resmi dibuka oleh pelaksana tugas ketua umum Emron Pangkapi. Menurutnya, langkah PPP ke depannya akan diputuskan dalam forum Mukernas kali ini.

“Saya sangat menghormati fatwa beliau (Maemun Zubaer, red) untuk islah. Namun, selanjutnya tergantung peserta Mukernas nanti,” jelasnya.