Kepala Desa Divonis 5 Bulan Penjara Karena Terbukti Ikut Kampanye

Foto: Istimewa

Kendal, Sayangi.com – Pengadilan Negeri Kendal menjatuhkan vonis hukuman 5 bulan penjara dengan masa percobaan 10 bulan dan denda uang RP 3 juta kepada Kepala Desa Podosari, Cepiring, Kendal, Jawa Tengah, Agus Ali Mansur, Kamis (24/4). Majelis hakim yang dipimpin Dian Erdianto mendakwa  Agus karena terbukti mengikuti kegiatan kampanye untuk calon anggota legislatif dari Partai Hanura, 23 Maret lalu.

“Terdakwa tidak menjalani hukuman, meskipun dijatuhi hukuman 5 bulan penjara. Terdakwa akan ditahan apabila dalam waktu 10 bulan, ia melakukan tindak kriminal,” kata Dian.

Usai sidang putusan, Agus langsung berjalan ke ruang parkir kendaraan bersama saudaranya dan tidak mau berkomentar apa-apa.

Karena terdakwa mau menerima dan menandatangani putusan hakim, jaksa penuntut umum, Amirudin, mengaku tidak melakukan banding.
 
“Kami menerimanya, karena terdakwa juga menerima putusan hakim,” kata Amir.

Ketua Panwaslu Kabupaten Kendal, Supriyadi, mengatakan dengan adanya putusan bersalah tersebut, dugaan yang telah ditemukan telah terbukti. Oleh karena itu, Supriyadi mengaku puas dengan putusan hakim.

“Temuan kita terbukti dengan adanya putusan hakim tersebut,” tutur Supriyadi.

Agus dinilai menyalahi aturan yang tertuang dalam UU No. 8 Tahun 2012 tentang pilihan DPRD II, DPRD I, DPR RI dan DPD. Ia dilaporkan oleh Panwaslu Kabupaten Kendal karena diduga telah ikut kampanye caleg Partai Hanura dengan membagi-bagikan kupon sembako murah.(SL)