Pendamping Jokowi Akan Diumumkan Jumat Besok?

Foto: Sayangi.com/MI

Jakarta, Sayangi.com – Pertanyaan mengenai siapa yang bakal menjadi calon wakil presiden pendamping Joko Widodo terus menjadi tanda tanya. Meskipun sudah ada beberapa nama yang mengemuka, namun belum ada kepastian.

Untuk mengetahui kepastian siapa sosok pendamping Jokowi yang akan maju sebagai cawapres pada Pilpres mendatang, Wakil Sekjen PDI Perjuangan Achmad Basarah memberikan bocoran. Menurutnya, pengumuman mengenai nama pendamping Jokowi kemungkinan akan dilakukan pada hari Jumat.

“Saya hanya bisa memberikan beberapa indikasi (pengumuman cawapres Jokowi, red) saja. Indikasi yang terkait dengan hari Jumat. Jadi kami menyebutnya sebagai Jumat suci,” katanya dalam sebuah diskusi di Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Menurutnya, di antara alasan kenapa PDI Perjuangan mengambil hari Jumat karena pembacaan naskah proklamasi kemerdekaan oleh Soekarno pada 17 Agustus 1945 dilakukan pada Hari Jumat. Selain itu, PDI Perjuangan juga mengumumkan mandat pencalonan Jokowi sebagai presiden pada hari Jumat, yakni 14 Maret 2014.

“Jadi secara teoritis, Hari Jumat harus lengkap menulisnya proklamasi pencapresan Pak Jokowi. Bisa jadi keputusan itu diambil pada hari Jumat,” ujarnya.

Lantas, apakah pengumuman itu dilakukan pada Jumat besok? Basarah enggan menyebutkan. Ia tidak memastikan apakah pengumuman tersebut dilakukan pada Jumat pekan ini ataupun pekan depan.