PBNU Minta Mahfud MD Terus Maju dalam Pilpres Mendatang

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Said Aqil Siroj memberikan dukungan moral terhadap upaya Mahfud MD untuk maju sebagai capres maupun cawapres. Said Aqil bahkan menyarankan agar mantan Ketua Mahkamah Konstitusi tersebut tidak mengendorkan semangat pencalonannya.

“Jalan terus, jangan kendur,” kata Said Aqil saat menerima Mahfud MD di Kantor PBNU, Jakarta, Kamis (24/4/2014).

Menurut dia, Mahfud merupakan sosok yang memenuhi kriteria calon pemimpin versi PBNU, yakni bersih, tegas, berani, sehat jasmani, dan cerdas.

Sementara itu, Mahfud MD sendiri tetap optimistis bisa tampil dalam Pemilu Presiden 2014 meski Partai Kebangkitan Bangsa yang menjadikan dirinya sebagai kandidat calon presiden kini mengincar posisi wakil presiden menyusul hasil pemilu legislatif.

“Semua pintu masih memungkinkan,” kata Mahfud.

Dia mengatakan PKB saat ini masih terus melakukan komunikasi politik dengan partai-partai lain, terutama PDI Perjuangan.

Terkait kemungkinan dirinya digandeng bakal capres Partai Golkar Aburizal Bakrie menyusul pertemuan mereka di Bali beberapa waktu lalu, menurutnya kemungkinan itu sudah semakin kecil.

“Bukan saya menolak, tetapi Golkar maunya saya cepat memutuskan, sementara saya masih perlu waktu untuk mempertimbangkan,” katanya.

Ketua MMD Initiative Masduki Baidlowi menjelaskan PKB mengajukan Mahfud, Rhoma Irama, dan Muhaimin Iskandar sebagai bakal cawapres kepada PDI Perjuangan. Namun, kata dia, hingga saat ini belum ada keputusan.

Ia pun memastikan hingga saat ini PDI Perjuangan belum memutuskan sosok cawapres pendamping Joko Widodo (Jokowi), sehingga peluang masih terbuka.

“Tentang adanya kabar Bu Mega (Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Red) telah menunjuk nama tertentu sebagai cawapres Jokowi, saya sudah mengkonfirmasi itu tidak benar,” jelasnya.