Ajax ke Indonesia Tanpa Pemain Timnas Belanda

Foto: Ajax

Jakarta, Sayangi.com – Klub Ajax Amsterdam datang ke Indonesia untuk menghadapi Persija dan Persib tanpa diperkuat pemain Timnas Belanda karena sudah akan menjalani pemusatan latihan sebelum tampil di Piala Dunia 2014 di Brazil.

Sesuai dengan rencana salah satu klub besar di Negeri Kincir Angin itu akan bertanding melawan Persija di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, 11 Mei dan melawan Persib di Stadion Jalak Harupat Bandung, 14 Mei.

“Empat hingga lima pemain timnas tidak bisa datang. Tapi kapten Siem de Jong siap datang. Meski tanpa pemain timnas, kami adalah tim kuat,” kata Direktur Marketing Ajax Edwin van der Sar melalui Skype di Kedutaan Besar Belanda di Jakarta, Kamis.

Meski menjelaskan ada empat sampai lima pemain yang tidak bisa datang ke Indonesia, mantan penjaga gawang Ajax dan Juventus itu tidak merinci nama-nama pemain yang dipanggil oleh pelatih Louis van Gaal.

Ajax Amsterdam meski tanpa pemain Timnas Belanda tetap merupakan tim yang kuat. Kondisi ini harus diwaspadai oleh kedua tim besar Indonesia yang akan menjadi lawan anak asuh Frank de Boer itu.

“Yang jelas kami ingin memperkenalkan Ajax kepada penggemar sepak bola Indonesia. Ini adalah pengalaman berharga,” kata mantan penjaga gawang Manchester United itu.

Keinginan untuk memberikan permainan terbaik disampaikan oleh Wakil Direktur Persija Jakarta Aser Siregar. Menghadapi tim besar merupakan hal yang luar biasa. Apalagi Persija mempunyai kesan bagus saat bertemu dengan Ajax.

Pertemuan pertama Ajax dengan Persija di Jakarta terjadi pada 1975. Saat itu Tim Macan Kemayoran mampu menahan imbang 1-1. Hasil tersebut akan dijadikan motivasi pada pertandingan persahabatan tersebut.

“Kami siap dengan kekuatan penuh. Kalau dulu bisa menahan imbang, kalau sekarang yaaaa…. menang 1-0,” kata Aser.

Pernyataan sama dikatakan Direktur PT Persib Bandung Bermartabat Risha Adi Widjaya. Menurut dia bertanding melawan Ajax Amsterdam merupakan kesempatan luar biasa. Untuk itu piihaknya meminta kepada tim Maung Bandung menunjukkan kelasnya.

“Semoga mereka bisa berkesan bermain di Bandung. Yang jelas kami sudah siap bertanding, apalagi pelaksanaan pertandingan di waktu jeda kompetisi,” kata Risha Adi Widjaya.

Sementara itu CEO Nine Sport Arif Putra Wicaksono mengatakan selain melakukan pertandingan, pemain Ajax Amsterdam juga dijadwalkan menjalani “coaching clinic” dan bertemu dengan suporter asal Indonesia. (ant)