Golkar Yakin Akan Lahir Poros Baru Penghadang Jokowi

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Ketua DPP Partai Golkar Yoris Raweiyai menyakini akan terbentuk poros baru penghadang Joko Widodo (Jokowi) dalam pilpres mendatang.

“Secara pribadi saya yakin akan lahir koalisi besar poros gabungan akan berhadapan dengan Jokowi,” katanya di Jakarta, Minggu (27/4/2014) dalam diskuis politik membaca gaya kepemimpinana capres dan mencari sosok cawapres ideal.

Ia mengatakan, saat ini dinamika yang ia rasakan, konsolidasi partai-partai politik di luar Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Partai NasDem yang intens.

Ia menyakini bahwa kemungkinan besar gabungan partai-partai tersebut terdiri dari nasionalis dan Partai Islam. “Seperti Setgab dulu,” ucapnya.

Pengamat Politik UPH Emrus dalam kesempaatn tersebut juga menyakini, gabungan partai-partai politik tersebut, bila terkonsolidasi dengan kuat maka akan menjadi pesaing yang kuat bagi Jokowi.

“Bahkan bila memang hanya ada dua kandidat yang maju capres, tentu ini akan lebih menyulitkan Jokowi. Tapi kalau ada tiga atau empat capres, Jokowi yang akan memetik kemenangan,” ujarnya.

Pengamat Politik UPH Victor Silaen, poros baru penghadang Jokowi hanya kuat bila dia lintas partai baik nasionalis maupun Islam.

“Kalau poros baru yang diusulkan seperti koalisi partai-partai Islam, akan sulit untuk menandingi Jokowi, karena secara umum, perolehan suara partai Islam masih kalah dengan nasionalis,” katanya.