Massa Buruh Padati Ibukota, Thamrin-Sudirman Macet Total

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Massa buruh yang berjumlah ribuan menggelar aksi di Bundaran HI, Jakarta, Kamis (1/5). Terlihat massa buruh dari berbagai organisasi tumpah ruah di jalan ibu kota. Pantauan Sayangi.com massa buruh datang dari berbagai daerah. Bus-bus besar yang mengangkut massa buruh terlihat berjejer mengantri. Akibatnya, lalu lintas di sekitar Jl MH Thamrin sampai Sudirman tertutup. Bahkan bus TrasJakarta tak bisa masuk kawasan Bundaran HI.
 
Bundaran HI menjadi titik kumpul massa buruh sebelum bergerak ke istana Negara. “Buruh bersatu, tak bisa dikalahkan,” seru seorang buruh dari mobil sound system.
Semakin siang semakin banyak buruh yang datang. Massa buruh membawa berbagai atribut seperti bendera, spanduk yang bertuliskan tuntutan mereka.

Terlihat beberapa buruh mengenakan kaus dari organisasinya masing-masing. Mulai dari Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI), Gabungan Serikat Buruh Independen (GSBI), SPEE Yamaha Music Manufacturing, Serikat Pekerja Danamon, bahkan terlihat para guru dengan batik KORPRI nya. Ada pula beberapa buruh yang mengenakan kaus bertuliskan “May Day”.

Agar para buruh tidak menghambat lalu lintas,  aparat kepolisian terlihat menertibkan barisan para buruh.

Massa buruh kemudian dirapikan oleh para koordinator dari masing-masing organisasi. Para buruh yang telah berkumpul di Bundaran HI mulai menyuarakan aspirasi mengenai 10 tuntutan yang diajukan.

“Ayo buruh kita bersatu. Satu hati, satu tekad, satu tujuan,” ujar salah seorang buruh dengan pengeras suara.