Awas! Jangan Simpan Buah dan Sayur Ini di Kulkas

Foto: Fit Sugar

Jakarta, Sayangi.com – Kulkas memang sebenarnya memiliki manfaat  untuk menyimpan atau membekukan  makanan ataupun minuman. Banyak para ibu rumah tangga yang sengaja menyimpan berbagai macam sayuran dan juga buah-buahan didalam kulkas dengan maksud agar sayuran atau buah-buahan tersebut tidak cepat membusuk.

Namun tahukah Anda bahwa ternyata ada beberapa  jenis sayuran dan buah-buahan yang sebenarnya tidak boleh disimpan didalam kulkas karena ternyata dengan menyimpannya didalam malahan akan membuatnya cepat mengalami pembusukan.

Berikut beberapa jeis sayuran dan buah yang ternyata tidak boleh disimpan didalam kulkas seperti dilansir Sayangi.com dari laman All WomenStalk:

Kentang
Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang ternyata tidak boleh disimpan pada suhu yang sanghat dingin seperti didalam kulkas. Dengan menyimpan kentang didalam kulkas maka akan menyebabkan pati dalam kentang berubah menjadi gula. Ketika hal ini terjadi , disaat Anda memasak kentang tersebut, maka kentang tersebut akan terasa manis. Kentang yang ketika dimasak memiliki rasa manis kurang baik untuk dikonsumsi apalagi jika berlebihan. Jadi Anda cukup menyimpan kentang pada tempat yang kering dan sejuk serta terlindung dari sinar matahari langsung.

Tomat
Tomat merupakan salah satu buah yang memang bisa saja Anda simpan didalam kulkas, namun dengan menyimpannya didalam kulkas ternyata akan menyebabkan berkurangnya kualitas dari tomat sendiri. Biasanya tomat yang disimpan didalam kulkas akan mudah berkerut dan cepat melunak. Bila Anda memang sudah terbiasa untuk menyimpan tomat didalam kulkas, maka ada baiknya untuk mengeluarkan tomat tersebut sesekali, namun jangan terkena paparan sinar matahari secara langsung.

Bawang
Bila Anda menyimpan bawang didalam kulkas, maka secara otomatis bawang akan membuat kulkas Anda beraroma bawang. Tidak menutup kemungkinan aroma bawang ini juga dapat mempengaruhi aroma makanan lainnya yang Anda simpan didalam kulkas. Untuk menjaga kualitas dan aroma makanan lain didalam kulkas, maka hindarkan bawang dari dalam kulkas Anda. selain itu jika menyimpan bawang di dalam kulkas, akan membuat bawang tersebut tidak tahan lama alias cepat membusuk dan memiliki bau yang semakin tidak sedap.

Pisang
Pisang merupakan salah satu buah yang tidak dapat berlama-lama untuk dikonsumsi. Pisang memang harus dikonsumsi secepatnya karena semakin lama menyimpan pisangh, maka kulitnya akan berubah menjadi kehitaman. Apalagi bila menyimpan pisang didalam kulkas, maka pisang tersebut akan cepat melunak dan berubah warna menjadi kehitaman.

Melon
Melon merupakan salah satu buah yang kerap kali disimpan didalam kulkas. Namun tahukah Anda ternyata melon memiliki rasa yang lebih lezat ketika disimpan atau disajikan dengan suhu ruang. Selain itu dengan tidak menyimpan melon didalam kulkas maka tingkat antioksidan yang tersimpan akan menjadi lebih banyak.

Alpukat
Alpukat memang bisa saja Anda simpan didalam kulkas, agar lebih awet, namun bila Anda ingin membuat alpukat tersebut menjadi lebih cepat matang, ada baiknya Anda letakkan alpukat pada suhu ruangan. Dengan cara ini maka rasa dan kandungan nutrisi didalamnya dapat terjaga.(SIS)