OJK: 60 Persen Investor Pasar Modal Masih Dikuasai Asing

Jakarta, Sayangi.com РDominasi kepemilikan modal asing dipasar modal telah mencapai angka 60 % dan tentu saja ini menjadi angka yang cukup mengkhawatirkan terutama posisi Indonesia  dalam menghadapi pasar bebas ASEAN yang bakal digelar pada 2015 mendatang.

Demikian dikatakan Wakil Dewan Komisioner OJK Rahmat Waluyanto dalam acara acara OJK Dialogue Series II “Indonesia’s Capital Market Deepening in AEC Era,” The Anticipation of the Capital Market Openness in ASEAN, di Hotel Pullman, Jakarta, Senin (5/5). Rahmat berharapkan agar investor lokal mampu bersaing dengan asing melalui kepemilikannya di pasar saham.

“Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan terus mendorong kepemilikan investor lokal di pasar modal yang saat ini masih dikuasai asing. Untuk itu perlu ada dorongan bagi investor lokal supaya lebih aktif lagi berinvestasi,”ujar Rahmat

Ditambahkannya bahwa pasar saham perlu terus dikembangkan sebagai salah satu instrumen pembiayaan jangka panjang dan Instrumen ini bisa dikembangkan di pasar modal.

Rahmat menjelaskan bahwa Indonesia akan menghadapi pasar terintegrasi di ASEAN, untuk itu, dirinya melihat bahwa faktor keterbukaan akses pasar keuangan di pasar modal Indonesia dituntut untuk bisa bersaing di pasar ASEAN.

“Tentu saja OJK akan melanjutkan upaya untuk memperbesar capital market di ASEAN yang legal, adil, dan transparan dan OJK terus membangun financial sistem dan bisa efektif untuk fokus dalam pembiayaan jangka panjang dan juga fokus di sektor riil” tutupnya.