Mengapa Dilarang Narsis di Pom Bensin?

Foto: Sayangi.com/Doc

Jakarta, Sayangi.com – Saat berada di pom bensin, kita kerap melihat beberapa simbol larangan seperti “dilarang merokok”, “dilarang memotret”, dan simbol “dilarang menggunakan ponsel”. Namun tahukah Anda mengapa 3 larangan tersebut dibuat? Disarikan dari berbagai sumber, berikut penjelasan terkait simbol atau rambu larangan yang ada di pom bensin.

“Dilarang menggunakan telepon genggam”
Telepon seluler diketahui memiliki gelombang elektromagnetis dan mengeluarkan frekwensi tinggi serta dapat mengeluarkan bunga api, meskipun dalam tingkat kecil seukuran 1 mikron. 1 mikron = 1/100 mm. Lampu Light  Emitting Diode (LED) pada telepon seluler ternyata juga telanjang alias langsung terlihat filamen diodanya dengan udara bebas. Pada saat LED menyala, maka akan timbul pijar. Percikan api dan LED tersebut sebenarnya tidak cukup untuk menyulut uap bensin (benzena C4H8O12) di udara terbuka. Namun lain cerita jika udara yg ada sudah cukup jenuh sekali dengan uap bensin tersebut, uap bensin tersebut akan dapat terbakar oleh percikan yg cukup kecil tersebut. Efeknya akan menimbulkan ledakan.

“Dilarang menggunakan kamera foto”
Selain tidak boleh menggunakan telepon seluler, kita juga dilarang menggunakan kamera foto. Ketika seseorang pengendara mengisi bahan bakar maka saat itu akan muncul daerah dengan uap di sekitar tangki pengisian. Uap tersebut akan bercampur dengan udara, ketika campuran itu terpicu oleh suatu sumber energi semisal kamera maka akan berpotensi terbakar.

Bagian kamera yang menimbulkan percikan api adalah bagian batreinya. Sebenarnya produsen sudah memperhatikan faktor keamanan tetapi jika tidak hati-hati bisa menyebabkan terjadinya percikan api. Pom bensin merupakan area dengan banyak uap bahan bakar yang mudah terbakar.

Saat proses pengisian bahan bakar, di sekitar tangki akan terkumpul uap bensin (benzena). Kepekatan uap inilah yang sangat sensitif pada percikan api sekecil apapun. Meski kepekatan benzena tidak akan bertahan lama dan kecil kemungkinan terjadinya ledakan, kita tetap harus berhati-hati.

“Dilarang merokok”
Merokok tak hanya berbahaya bagi kesehatan, tetapi juga keselamatan Anda ketika berada di pom bensin. Api rokok yang menyentuh benzena diketahui dapat memicu kobaran api hingga terjadinya kebakaran bahkan ledakan.

Demikian beberapa penjelasan terkait beberapa simbol larangan yang ada di pom bensin. Semoga bermanfaat dan dapat dipatuhi untuk menjaga keselamatan bersama.(SIS)