Analis: Permainan AS di Timur Tengah Berbahaya

Foto: PressTV

Virginia, Sayangi.com – Seorang analis Executive Intelligence Review (EIR) Lawrence Freeman mengatakan, langkah pemerintah AS dalam meningkatkan status Syrian National Council (SNC) atau Koalisi Nasional Suriah merupakan bagian dari permainan geopolitik berbahaya Washington di Timur Tengah.

Freeman mengatakan itu setelah AS membuat pernyataan akan mengakui kantor perwakilan SNC sebagai misi diplomatik asing.

“Kita tidak membantu rakyat. Kita terlibat dalam perubahan rezim, permainan geopolitik yang sangat mematikan dan sangat berbahaya,” kata Freeman Saat wawancara dengan Press TV, Rabu (7/5).

Freeman menggambarkan langkah itu sebagai dukungan politik formal untuk kelompok militan yang memerangi pemerintah Presiden Suriah Bashar al-Assad.

Freeman menegaskan, tidak ada yang tahu seberapa banyak uang yang sudah dihabiskan Arab Saudi, Qatar dan kekuatan lain bersama Amerika Serikat dalam mempersenjatai para pemberontak. Tapi yang jelas, mereka berusaha meraih tujuan mereka yang sebenarnya  sangat buruk bagi Timur Tengah.

Dia mengatakan pengakuan diplomatik untuk SNC merupakan masalah yang sangat mengkhawatirkan dan ini akan membuat pemerintah Presiden Barack Obama menjadi pemerintah yang paling buruk sepanjang sejarah Amerika.

Dalam penilaian Freeman, kebijakan perubahan rezim yang dilakukan AS di Suriah telah gagal dan membuat ratusan ribu orang tewas serta jutaan lainnya mengungsi.