Bupati Kubu Raya Lantik 70 Pejabat Baru

Foto: Istimewa

Sungai Raya, Sayangi.com – Bupati Kubu Raya Rusman Ali kembali melakukan perombakan struktur pejabat pemerintahannya, dengan melantik sebanyak 70 pejabat baru eselon II, III dan IV.

“Perlu saya ingatkan lagi, pentingnya bagi pejabat yang sudah dilantik untuk tetap berkoordinasi dengan lintas instansi yang ada, agar komunikasi tetap terjaga, otomatis antara satu dan lain instansi mempunyai keterkaitan erat,” katanya di Sungai Raya, Jumat (9/5), seperti dikutip Antara.

Menurutnya, pelantikan yang dilakukan itu bukanlah suatu fenomena birokrasi yang luar biasa, tetapi merupakan suatu keputusan yang harus diimplementasikan guna memenuhi berbagai tantangan dan kebutuhan yang berkembang pada internal pemerintah daerah sendiri dalam memberikan pelayanan dan tuntutan dari luar sistem birokrasi.

“Kondisi masyarakat yang berkembang begitu cepat dengan dinamika sosialnya, sehingga menuntut lembaga pemerintah untuk mampu memberikan respons cepat dan tepat terhadap kondisi yang ada saat ini untuk ditumbuhkembangkan,” tuturnya.

Dia menyatakan, dalam pelantikan tersebut, pihaknya juga mempertimbangkan berbagai aspek dalam manajemen sumber daya aparatur dan juga mekanisme formal guna penempatan pejabat yang menurut penilaiannya memenuhi syarat dan memiliki kompetensi untuk menduduki jabatan struktural di Kubu Raya.

Meski demikian, Rusman Ali menekankan bahwa pejabat yang dilantik itu bukanlah seperti jabatan kepala daerah yang memiliki masa jabatan lima tahun, yang artinya akan ada evaluasi terhadap kinerja. Begitu pula dengan pemberian penghargaan dan sanksi kepada masing-masing pejabat, akan diberikan sesuai hasil kinerja masing-masing.

“Berlindunglah pada kinerja, bukan berlindung kepada orang lain, karena suatu saat ketika ada yang bekerja tidak baik maka akan kita evaluasi dan bisa saja akan digantikan jika memang pejabat tersebut nantinya tidak berkompeten dalam mengemban amanahnya,” katanya.

Dalam pelantikan tersebut, untuk eselon II pejabat yang telah resmi dilantik di antaranya, Nendar Soeheri menjabat sebagai Asisten Pemerintahan Kabupaten Kubu Raya, Odang Prasetyo menjabat Asisten Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, M.Yunus sebagai Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kubu Raya, Chairil Rasmi menjabat sebagai Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kabupaten Kubu Raya.

Kemudian Adriansyah menjabat sebagai Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kubu Raya, Tommy AS menjabat sebagai Kepala Dinas Perkebunan, Kehutanan dan Pertambangan Kabupaten Kubu Raya, Kusyadi menjabat sebagai Kepala Badan Kepegawaian Kabupaten Kubu Raya, Berli Hamdani menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Ari Yanuarif menjabat sebagai Kepala Dinas Cipta Karya, Tata Ruang dan Kebersihan Kabupaten Kubu Raya, Djoko Triono menjabat sebagai Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kubu Raya, Titus Nursiwan menjabat sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kabupaten Kubu Raya.

Sudiono Supyanto menjabat Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kabupaten Kubu Raya, Nurmarini menjabat sebagai Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Kubu Raya, Rusnaldy menjabat Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Kabupaten Kubu Raya.

Secara terinci pejabat eselon II berjumlah 14 orang, eselon III berjumlah 21 orang dan eselon IV berjumlah 35 orang.