Burhan: Abraham Samad Bisa Lengkapi Kekurangan Jokowi

Foto: Sayangi.com/Emil

Jakarta, Sayangi.com – Sosok pendamping Joko Widodo (Jokowi) dalam Pilpres mendatang terus bermunculan. Salah satunya adalah Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Abraham Samad.

Pengamat Politik dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Burhanuddin Muhtadi mengatakan, kemunculan nama Abraham Samad ini bisa menjadi penopang bagi Jokowi. Secara latar belakang kata dia, Abraham bisa melengkapi kekurangan Gubernur DKI Jakarta tersebut dalam memimpin negeri ini. Begitu pula sebaliknya.

“Jokowi dan Abraham Samad bisa saling melengkapi. Jadi sifatnya komplementer,” kata Burhanuddin di Jakarta, Sabtu (5/9/2014).

Menurutnya, Abraham diperlukan karena maraknya berbagai kasus korupsi di negeri. Meskipun Abraham dalam memberantas korupsi dinilai sebagian kalangan masih tebang pilih, namun ia sudah berhasil menangkap koruptor-koruptor kelas kakap.

Lalu bagaimana bila Abraham Samad dibandingkan dengan Jusuf Kalla sebagai sosok yang juga disebut-sebut sebagai calon kuat pendamping Jokowi? Burhan menjelaskan bahwa JK juga layak dipertimbangkan. Mantan Wakil Presiden tersebut dinilainya memiliki pengalaman yang cukup banyak, sehingga bisa melengkapi keberadaan Jokowi yang masih minim dalam hal pengalaman kepemimpinan nasional.

Sementara jika Abraham Samad digandeng Jokowi, secara pengalaman kepemimpinan nasional, keduanya masih sama-sama minim.

“Kalau Abraham pengalamannya sama-sama minim. Jadi ada plus minus,” jelas Abraham.

Dua nama ini, selain Mahfud MD dan Ryamizard Ryacudu, memang santer disebut-sebut sebagai calon kuat pendamping Jokowi. Namun hingga saat ini, PDIP maupun Jokowi sendiri belum mengumumkan secara resmi siapa yang akan menempati posisi-2 pendamping Capres dari PDI Perjuangan tersebut.