Juara Liga Utama Inggris Ditentukan Malam Ini

Foto: Getty Images

Sayangi.com – 20 tim peserta Liga Utama Inggris akan menjalani laga terakhirnya nanti malam (Minggu, 11/4) pada jam yang sama yakni  21.00 WIB. Penentuan juara baru bisa diketahui setelah pertandingan terakhir dengan dua tim yang berpeluang yakni Manchester City dan Liverpool.

Sudah tentu pertandingan yang melibatkan kedua tim tersebut akan menjadi perhatian penggemar Liga Utama Inggris.

Namun peluang terbesar berada di tangan Manchester City yang kini memimpin klasemen sementara dengan nilai 83 dari 37 pertandingan. Sementara berada di urutan kedua Liverpool mengumpulkan nilai 81 atau tertinggal dua poin.

City secara realistis hanya memerlukan hasil seri saat menjamu West Ham United nanti malam untuk memenangi gelar Liga Utama Inggris tahun ini. Dengan hasil seri maka The Citizens mendapat satu nilai tambahan sehingga menjadi 84.

Nilai ini masih bisa disamai Liverpool jika meraih kemenangan saat menjamu Newcastle. Namun City mencatat selisih gol yang jauh lebih baik dibanding The Reds. Saat ini City memiliki selisih gol plus 63 sementara Liverpool hanya 50 atau tertinggal 13 gol.

Tentu akan sangat sulit bagi Liverpool untuk mencatat kemenangan lebih dari 13 gol di Liga Utama Inggris yang dikenal sangat ketat dan tidak mengenal praktik “sepakbola gajah”.

Di lain pihak, kinerja City saat ini sedang bagus. Dari enam kali pertandingan terakhir, klub yang didirikan pada 1880 ini memang sempat kalah saat melawan Liverpool dan seri saat melawan Sunderland, tapi menang dalam empat pertandingan terakhir.

Kondisi pemain City juga cukup bagus. “Semua pemain dalam kondisi fit,” kata Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini, Jumat, mengenai pencetak gol terbanyak Manchester City, Sergio Agüero, sudah dalam kondisi siap untuk membela timnya pada laga akhir.

Namun, Pellegrini tidak akan meminta timnya bermain untuk hasil imbang tapi justru melanjutkan gaya menyerang yang telah membawa mereka mencetak 100 gol di Premier League Barclays musim ini.

Dalam laman Liga Utama Inggris, ia meminta para pemainnya untuk menjaga naluri menyerang mereka karena kemenangan akan memberi mereka gelar Liga Utama Inggris kedua dalam tiga tahun terakhir.

Liverpool

Liverpool bukan tanpa peluang. Klub asuhan Brendan Rodgers ini masih bisa menjadi juara jika memenangi pertandindan terakhir melawan Newcastle dan City kalah dari West Ham yang kini menduduki urutan 12 klasemen. Bila kondisi ini yang terjadi maka Liverpool akan menjadi juara dengan nilai 84 dan City berada di urutan kedua dengan nilai tetap 83.

Namun Liverpool memperoleh hasil kurang memuaskan di dua pertantandingan terakhir karena kalah melawan Chelsea dan ditahan seri oleh Cyrtal Palace.

Saat ditahan Crystal Palace 3-3, Brendan Rodgers pun seperti sudah lempar handuk. “Kami butuh kemenangan malam ini. Saya rasa Manchester City akan berlanjut dan memenangi gelar juara, dan mereka akan menjadi juara,” kata dia.

Walau demikian Rodgers di laman Liga Utaram Inggris mengatakan bahwa segalah sesuatu bisa terjadi dan West Ham bukan tidak mungkin mengalahkan Manchester City.

“West Ham memiliki beberapa pemain bertalenta. Jika kamu bisa ke kandang Tottenham dan menang 3-0, maka kamu pasti bisa ke Manchester dan menang, terutama dengan pemain besar Andy (Carroll) di depan,” katanya mengenai West Ham yang pernah menang 3-0 saat tandang ke Tottenham Hotspur, pada Oktober 2013.

Ia mengatakan, City tidak akan mudah pada pertandingan terakhirnya apalagi West Ham mempunyai pertahanan yang baik. Pada pertandingan terakhir, West Ham juga kembali mengalahkan Spur 2-0 di kandang.

Namun demikian Rodgers akan fokus pada pertandingan terakhirnya. Ia pun ingin membuat catatan tersendiri yakni menang 16 kali dalam 19 kali pertandingan kandang. Saat ini The Reds telah mencatat 15 dari 18 pertandingan di Anfield.

Sementara itu di papan bawah Cardiff City dan Fulham dipastikan akan terdegradasi dan turun ke kompetisi yang lebih rendah. Sedangkan Norwich City memang masih bisa menyampai nilai West Bromwich, namun dengan selisih gol sebesar 17 maka akan sulit bagi Norwich untuk tetap berada di Premier League pada musim depan.

Tim yang berada pada tiga terbawah akan terdegrasi. Sementara itu empat tim yang berada di papan atas akan lolos ke Liga Champions dimana tiga tim teratas akan langsung memasuki babak grup dan tim keempat akan mengikuti bababk play off. Tim di urutan 5 hingga 7 akan mengikuti Liga Europa.

Jadwal Minggu 11 Mei
(Tuan rumah disebut di depan)

Cardiff vs Chelsea
Fulham vs Crystal Palace
Hull vs Everton
Liverpool vs Newcastle
Man City vs West Ham
Norwich vs Arsenal
Southampton vs Man Utd
Sunderland vs Swansea
Spurs vs Aston Villa
West Brom vs Stoke